oleh

Anak yang Baru Lahir Wajib Didaftarkan ke BPJS Kesehatan

-Aceh-190 views

PENANEGERI, Langsa – Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, menyebutkan bahwa anak yang baru lahir dari peserta jaminan kesehatan wajib didaftarkan kepada BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan.

Salah seorang ibu rumah tangga, Maharani (29), saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Jumat (15/3) mengungkapkan, bahwa dirinya telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2014.

“Sudah 4 tahun lebih saya menjadi peserta Program JKN-KIS, selama ini saya memang belum pernah berobat ke rumah sakit tapi hanya ke Puskesmas dan bidan untuk melahirkan dan itu gratis. Walaupun diawal kami sempat khawatir disuruh bayar mengingat KTP saya masih dalam pengurusan pindah domisili, tapi ternyata tidak masalah,” ujar wanita yang sedang mengandung anak kedua tersebut.

Maharani menjelaskan, tujuan dirinya datang ke Kantor BPJS Kesehatan, untuk melakukan pembaruan data serta mencari informasi terbaru terkait Program JKN-KIS.

Selain itu, untuk mencari kebenaran terkait isu diluar yakni tentang program JKN-KIS yakni bayi baru lahir harus didaftarkan, kalau tidak, maka dikenakan kita bayar umum di rumah sakit.

Baca Juga  Bupati Bireuen : Para Caleg Jangan Berbuat Curang

“Jadi daripada saya terbodoh-bodoh sendiri, ya lebih baik saya cari tahu langsung ke sini, sehingga saat melahirkan nanti tidak kebingungan,” jelasnya.

Lanjutnya, bahwa informasi yang diterima ini akan dijadikan pedoman dirinya dalam melakukan pemeriksaan kehamilan maupun persalinan nantinya.

“Biaya melahirkan itukan mahal, masih mending kalau melahirkan di bidan. Kalau melahirkan secara operasi dan tidak dibayarkan oleh BPJS Kesehatan, kami mau ambil uang dari mana, saya bukan orang kaya,” ungkapnya.

“Saya berharap semoga Program JKN-KIS ini semakin baik dan berkembang maju serta fasilitas kesehatan juga memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasiennya, karena kami merupakan orang-orang yang berharap banyak pada program mulia ini,” pungkasnya

Komentar

Berita Terbaru