oleh

Anggota Komisi IX DPR Sesalkan Pernyataan Menteri Kesehatan Soal Cacing pada Ikan Makarel

PENANEGERI, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani menyayangkan pernyataan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang mengatakan bahwa cacing dalam ikan makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar.

Menurut Irma Suryani, berdasarkan pernyataan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), cacing tersebut bisa menimbulkan alergi dan sakit perut.

“Menyesalkan statemen Bu Menkes (Menteri Kesehatan) yang terburu-buru, karena makanan kaleng yang mengandung cacing, selain menjijikkan dan bisa bikin alergi dan sakit perut tentu tak layak konsumsi. Masih banyak makanan yang sehat dan layak konsumsi,” kata Irma Suryani kepada wartawan, hari Minggu (1/4).

Dia menyatakan, cacing di dalam makanan kaleng memiliki efek samping jika memasaknya tidak benar. “Apalagi cacing tersebut dimasak tidak benar-benar mati,” cetus Irma.

Atas dasar itu, politisi NasDem ini meminta Menkes menarik kembali pernyataan soal cacing itu. “Saya menyesalkan dan meminta pernyataan tersebut diluruskan. Karena menimbulkan persepsi berbeda di masyarakat.”

“Masih banyak bu makanan lain yang sehat dan layak konsumsi, Jangan paksakan. Apa lagi 16 produk tersebut impor,” tegasnya menambahkan.

Baca Juga  [Video] Irma Suryani : Selamat HUT Aceh Tamiang Ke - 15

Irma Suryani juga mengatakan, agar tak membuat kegaduhan karena lebih besar mudarat daripada manfaatnya, sebaiknya Indonesia tidak melanjutkan impor ikan makarel.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan bahwa cacing pada ikan makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar. Menurut Nila, cacing mengandung juga protein.

“Setahu saya itu (ikan makarel) kan enggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi atau dimasak lagi. Cacingnya matilah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh saja tapi saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. Insya Allah enggak kenapa-kenapa,” kata Nila di gedung DPR RI, Kamis (29/3/2018) lalu. (*)

Komentar

Berita Terbaru