oleh

Anggota Lanud Suryadarma Melaksanakan Sholat Khusuf Berjamaah

PENANEGERI, Subang – Anggota Lanud Suryadarma yang beragama Islam beserta siswa SMK Angkasa dan masyarakat sekitarnya melaksanakan Shalat Khusuf atau sholat sunnah Gerhana Matahari yang dilaksanakan di Masjid Ar-Rahman Lanud Suryadrama, Kalijati Subang, hari Kamis (26/12/2019).

 

Kegiatan Sholat khusuf ini dimulai setelah melaksanakan sholat zuhur berjamaah kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan takbir untuk menyambut fenomena alam sebagai bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kemudian setelah mengumandangkan takbir, dilanjutkan dengan menggelar shalat Gerhana yang dipimpin oleh Kabintal Lanud Suryadarma Mayor Sus Mulyana, S.Ag.,dan dilanjutkan dengan khutbah dan doa.

Dalam khutbahnya kabintal Lanud Suryadarma mengatakan bahwa penomena pada hari ini selain ada fenomena gerhana matahari cincin.

Juga ada fenomena lainnya yakni adanya sebuah asteroid raksasa yang meluncur mendekati bumi.

Gerhana matahari sendiri merupakan fenomena ketika posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari, sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari dari langit ke Bumi dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati oleh Bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Fenomena alam langka yakni gerhana Matahari cincin ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada hari ini, Kamis (26/12/2019) khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Berita Gambar : Anggota Lanud Suryadarma dan Masyarakat sekitar saat melaksanakan Sholat Khusuf atau Sholat Sunah Gerhana Matari di Masjid Ar-Rahman Lanud Suryadarma.

Lebih lanjut juga dikatakan bahwa kejadian ini juga merupakan salah satu tanda kebesaran dari Allah SWT yang perlu dijadikan bahan tafakur dan tadabbur bagi kita semua.

Kita harus yakin bahwa fenomena yang lebih dahsyat dari gerhana atas kekuasaan Allah SWT pasti akan terjadi yaitu saat datangnya kiamat kelak.

“Oleh karena itu seluruh umat Islam harus senan tiasa mempersiapkan bekal dengan memperbanyak amal soleh dan melaksanakan taubat nasuha atas segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar serta senantiasa introspeksi diri guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup kita di masa yang akan datang” tegasnya. (pen/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *