oleh

Angin Kencang, Nelayan Aceh Utara Enggan Melaut

-Aceh-32 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Sejak sepekan terakhir atau semenjak memasuki bulan puasa Ramadhan, cuaca di laut kawasan Aceh Utara tampak tidak bersahabat. Akibatnya, banyak nelayan di sana enggan melaut karena khawatir angin yang cukup kencang.

Muzakir (44), nelayan Kecamatan Lapang, kepada Penanegeri.com, Jumat (10/5) mengatakan, bahwa angin kencang tersebut sangat berbahaya jika nelayan nekat dan terus melaut. Selain itu, tangkapan ikan juga tidak menentu pada saat angin kencang di laut.

“Kalau kita paksa melaut, ya tidak masalah bagi yang berani. Tapi hasil tangkapan jangan berharap banyak, tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Makanya kalau angin kencang seperti ini, lebih baik kita tidak melaut,” jelas Muzakir.

Nelayan lainnya, Idris (50) yang juga warga kecamatan Lapang menyampaikan hal senada. Ia mengaku tidak mau mengambil risiko besar hanya untuk mencari rezeki yang sedikit. Sebagian besar dari nelayan memilih tidak melaut saat ini.

Pantauan Penanegeri.com di pasar tradisional Pantonlabu, stok ikan terlihat sangat menipis bahkan harganya sangat tidak terjangkau imbas nelayan tidak melaut. Di Pasar Inpres Kota Lhokseumawe juga mengalami hal yang sama, harga ikan tuna mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Komentar

Berita Terbaru