oleh

Antipasi Gepeng Jelang Ramadhan, Tim Terpadu Bireuen Akan Gelar Razia

PENANEGERI, Bireuen – Antisipasi menjamurnya gelandangan dan pengemis (gepeng) menjelang Ramadhan di Kabupaten Bireuen, tim gabungan akan melakukan razia.

Kepala Dinas Sosial Bireuen Drs Murdani melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Faisal Kamal S.Sos, Sabtu (27/4) mengatakan, biasanya menjelang Ramadhan pengemis dari luar daerah diprediksi akan meningkat di Bireuen.

“Kehadiran pengemis tersebut sering dikeluhkan masyarakat, apalagi dari sisi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Maka untuk mengantisipasi hal ini perlu dilakukan razia,” katanya.

Tim yang akan melakukan razia meliputi petugas Dinas Sosial Bireuen, kepolisian dan Satpol PP dan WH. Penertiban ini dilakukan guna memberikan ketenangan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Sosial Dinas Sosial Bireuen, Ery Syah Reza menambahkan, belakangan pihaknya merasa kewalahan dan tidak mudah menertibkan gepeng, kendati sering dilakukan razia dengan mengintensifkan operasi.

Kabanyakan pengemis yang diamankan selama ini merupakan pengemis berasal dari sejumlah Kabupaten/kota di Aceh, bahkan juga dari luar Provinsi Aceh.

“Keberadaan mereka selama ini untuk mengais rezeki dengan cara meminta-minta di Bireuen di duga ada yang mengkoordinir,” sebut Ery.

Baca Juga  Di Rutan Bireuen, 9 Napi Positif Konsumsi Narkoba

Untuk mengantispasi hal ini, maka kita imbau warga masyarakat dan pengguna jalan agar  tidak memberikan sumbangan apapun kepada para pengemis.

“Bila kita memberikan, maka akan membuat mereka lebih malas dan lebih memilih  dengan cara mengemis setiap harinya,” imbuhnya.

Komentar

Berita Terbaru