oleh

Antisipasi Virus Corona, Penumpang di Bandara Aceh Diperiksa Ketat

PENANEGERI, Banda Aceh – Pengawasan penumpang dari luar negeri di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh ditingkatkan untuk mencegah virus corona masuk. Suhu tubuh penumpang diperiksa dengan alat thermoscanner.

“Terkait virus corona kita dari KKP lebih meningkatkan pemantauan suhu tubuh penumpang internasional. Sejauh ini menyangkut virus corona kita di Bandara SIM belum ada yang terdapat suhu tubuh di atas 38 derajat,” kata Kepala Wilayah Kerja Bandara SIM KKP Banda Aceh Pattimura saat ditemui di Bandara SIM, Jumat (24/1/2020) sore, dilansir dari laman detik.com.

Menurutnya, pengawasan serta pemantauan suhu tubuh terhadap penumpang dari luar negeri selalu dilakukan. Di Bandara SIM, pihak KKP menyiagakan dua thermoscanner yaitu di kedatangan internasional serta di ruang VVIP.

Pengawasan ditingkatkan, jelas Pattimura dilakukan sejak isu virus corona merebak. Namun sejauh ini belum ditemukan adanya penumpang yang dicurigai membawa virus tersebut.

“Seandainya kita dapat penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat kita bawa ke ruang observasi, kita periksa lebih lanjut dan seandainya masih terdapat gejala lain kita lakukan rujukan ke Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Angkasa Pura II Bandara SIM, Surkani, menyebutkan, setelah adanya virus corona, pihaknya lebih meningkatkan koordinasi dengan KKP. Pihak KKP, sebutnya, ada SOP yang dilakukan untuk mendeteksi penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat.

“Selama ini hasil monitoring selama tiga hari belum ada yang dicurigai. Mudah-mudahan tidak ada karena jalur internasional kita dari Kuala Lumpur, Malaysia. Tentunya di Kuala Lumpur sudah di filter juga,” jelasnya. (*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru