oleh

Awas Hoax soal 6 Kota Zona Kuning Corona

PENANEGERI, Jakarta – Saat ini Indonesia masih berstatus zero corona Covid-19.

Hal ini membuat berbagai kabar hoaks bertebaran, termasuk kabar 6 kota zona kuning corona di Indonesia, yang beredar dalam pesan WhatsApp.

Kota-kota yang disebutkan sebagai 6 kota zona kuning corona adalah Jakarta, Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Bali, dan Manado. Kabar  ini kemudian langsung ditepis Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan resminya.

“Kemenkes tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang ‘6 kota zona kuning corona’, sebagaimana informasi yang beredar di media sosial,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, melalui rilis resminya, Jumat (28/2/2020).

Widya mengatakan Kemenkes sudah melakukan segala upaya mencegah dan menjaga agar Covid-19 tidak masuk ke tanah air. Termasuk upaya penjagaan di berbagai pintu masuk pendatang yang siap sedia di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Sejauh ini Kemenkes terus melakukan upaya cegah tangkal Covid-19 di 135 pintu masuk negara (darat, laut, udara), termasuk SDM dan peralatannya,” tutur Widya.

Dalam keadaan seperti ini di mana hoaks bertebaran, Widya kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan kroscek dan konfirmasi ulang terhadap informasi. Apalagi jika sumber yang memberikan tidaklah jelas, seperti pesan berantai di WhatsApp Group (WAG)

“Masyarakat diimbau untuk tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan hoaks yang tidak jelas isi dan sumbernya,” kata Widya.

“Ikuti perkembangan Covid-19 melalui website kemkes.go.id dan akun media sosial Kemenkes. Apabila ada pertanyaan seputar Covid-19 dapat menghubungi hotline center di 021-5210411 atau 0812 1212 3119,” sambungnya.

Tak lupa diingatkan juga untuk masyarakat yang mengalami gejala tidak biasa, seperti pneumonia, yang dikenal sebagai gejala Covid-19, agar segera memeriksakan diri ke puskesmas, atau rumah sakit terdekat.

“Selain itu, jika memiliki gejala penyakit yang berkaitan dengan Covid-19 (demam, batuk, sesak nafas), masyarakat diimbau untuk segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” jelasnya.

Mengingat daya tahan tubuh sangat penting untuk menangkal virus ini, maka jangan lupa juga menjaga kebersihan tubuh. Apalagi saat sakit flu, maka segeralah lakukan etikanya, memakai masker dan tidak batuk sembarangan.

“Jaga selalu kebersihan diri, antara lain dengan mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menerapkan etiket batuk atau bersin,” tutupnya. (*/suara)

Video youtube :

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *