oleh

Babinsa Koramil 03/Kroya dan Warga, Bantai Hama Musuh Petani

PENANEGERI, Cilacap – Warga desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap sedikit bernapas lega. Hama tikus yang selama ini jadi musuh petani perlahan menghilang. Setelah anggota TNI dari Koramil 03/Kroya Jajaran Kodim 0703/Cilacap, Dinas Pertanian, PPL dan puluhan petani membasmi tikus di areal persawahan setempat, Rabu (05/12/2018).

 

Awalnya, lubang-lubang sarang tikus digali. Sebagian lainnya mengisi lubang dengan air. Begitu tikus keluar, langsung dipukul dengan batang kayu.

Babinsa Koramil 03/Kroya Peltu Eko Daryanto menjelaskan, kegiatan ini untuk menyelamatkan areal pertanian dari ancaman hama tikus.

 

“Tikus-tikus memang meresahkan petani. Jika tidak segera diatasi, berpotensi menyebabkan gagal panen,” bebernya.

Danramil 03/Kroya Kapten Inf Tugirun menambahkan, luas areal pertanian di wilayah tersebut mencapai ribuan hektare.

 

“Kawasan ini memang rentan terhadap ancaman hama tikus. Populasi tikus di areal pertanian wilayah Kecamatan Kroya cukup tinggi. Karena itu, kami lakukan gropyokan tikus untuk mengurangi populasinya,” terang Kapten Tugirun.

Dirinya berharap dari kegiatan ini mampu memberikan hasil optimal. Sekaligus mengurangi risiko gagal panen akibat serangan dari hama tikus yang sangat cepat perkembangbiakkannya.

 

“Semoga petani bisa sukses panen untuk menunjang ketahanan pangan,” imbuhnya. (Red)

Komentar

Berita Terbaru