oleh

Badan Usaha Diminta Daftarkan Pekerjanya ke BPJS Kesehatan

-Aceh-36 views

PENANEGERI, Aceh Tenggara – BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Tenggara melakukan kunjungan kepada badan usaha yang belum mendaftarkan seluruh pekerjanya ke dalam JKN-KIS.

Kunjungan tersebut dilakukan bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi maupun Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (22/10).

“Setiap badan usaha mempunyai kewajiban untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh negara ini. Salah satunya mendaftarkan seluruh pekerjanya sebagai peserta BPJS, baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tenggara Irvan Iskandar.

Hal serupa juga dijelaskan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Tenggara, Dewi Anggraini. Dikatakannya, BPJS Kesehatan telah memberikan surat teguran kepada badan usaha yang belum patuh tersebut. Dirinya mengaku bahwa ada beberapa badan usaha hanya mendaftarkan beberapa pekerjanya saja untuk memenuhi persyaratan di perizinan.

“Ini adalah salah satu upaya kami untuk memastikan bahwa badan usaha harus paham dan sadar akan kewajibannya untuk mendaftarkan semua pekerjanya untuk menjadi peserta Program JKN-KIS. Melalui kunjungan ini, kami harapkan badan usaha lainnya dapat lebih tergerak untuk menyelesaikan kewajibannya memenuhi ketentuan regulasi JKN-KIS,” terangnya.

Baca Juga  Plogging Walk Upaya BPJS Kesehatan Cabang Langsa untuk Jaga Lingkungan

Seperti diketahui terdapat 41 badan usaha yang berada di Kabupaten Aceh Tenggara, 14 badan usaha di antaranya belum patuh baik dari segi pendaftaran pekerja maupun pembayaran iuran. Dewi mengimbau agar badan usaha tersebut untuk segera mendaftarkan seluruh pekerjanya ke dalam Program JKN-KIS dalam kesempatan pertama.

“Jika tidak maka BPJS Kesehatan akan melakukan upaya lainnya sesuai dengan regulasi, yaitu dengan melakukan pelimpahan data badan usaha yang tidak patuh kepada Kejaksaan Negeri setempat,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru