oleh

Bakamla RI Gelar Rakornas Operasi Keamanan Laut Tahun 2018

PENANEGERI, Jakarta – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Kabakamla RI) yang diwakili Sekretaris Utama Bakamla RI Marsekal Muda TNI (purn) Widiantoro M.B.A secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Operasi Keamanan Laut, di salah satu hotel Mangga Besar, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Sekretaris Utama Bakamla RI Marsekal Muda TNI (purn) Widiantoro M.B.A

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan palu oleh Sestama Bakamla RI yang disambut dengan tepuk tangan dari seluruh undangan yang hadir.

Acara yang berlangsung sehari itu melibatkan seluruh jajaran Instansi yang berkaitan dengan operasi keamanan laut se-Indonesia.

Adapun tema yang diusung dalam hajat akbar tersebut: “Melalui Rapat Koordinasi Nasional Kita Tingkatkan Sinergitas Operasi Keamanan dan Keselamatan di Laut dalam Rangka Mewujudkan Cita Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Pada kesempatan tersebut Sestama dalam sambutannya antara lain mengatakan, Rakornas ini sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja dan hasil operasi keamanan laut secara bersinergi, baik yang digelar Bakamla maupun instansi pemerintah yang berwenang.

Penyelenggaraan Rakornas bidang operasi keamanan laut ini, lajutnya, memiliki sasaran untuk terpetakannya permasalahan dan isu terkini di laut, terjalinnya kerja sama pertukaran informasi maritim dan penanganan perkara tindak pidana di laut, terpadunya perencanaan gelar operasi, serta sinerginya operasi keamanan laut yang dilaksanakan oleh seluruh instansi.

Selain itu, Rakornas ini juga dimaksudkan sebagai wahana dalam meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan kerjasama antar aparat di bidang operasi keamanan laut serta sharing pengetahuan penanganan isu keamanan laut,” katanya.

Menurut Widiantoro, Isu keamanan laut saat ini tetap menjadi bahasan yang strategis, mengingat salah satu kebijakan Pemerintah adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 16 tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia.

Kebijakan ini dicapai dengan menguatkan lima pilar poros maritim dunia yang telah digariskan, yakni membangun budaya maritim, menjaga sumber daya laut, membangun infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim serta dengan membangun kekuatan pertahanan maritim, tambahnya.

Hadir sebagai narasumber, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Nursyawal Embun dengan materi paparan,”Review Operasi Bersama Bakamla RI Tahun 2018 dan Rencana Operasi Bakamla Tahun 2019″.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam & Jasa Kemenko Bidang Maritim Ir. Agung Kuswandono, M.A dengan materi paparan,”Potensi Kemaritiman Indonesia dan Pengkoordinasian Perlindungan Sumber Daya Alam Kelautan”. Deputi IV Kemenkopolhukam Laksmana Muda TNI Ir. Achmad Djamaludin, M.A.P dengan materi paparan,” Sinergitas Kegiatan Instansi Keamanan Laut Guna Mendukung Program Pemerintah Menuju Indonesia Poros Maritim Dunia”.

Hadir stakeholder dalam Rakornas yaitu dari Deputi IV Kemenkopolhukam Laksmana Muda TNI Ir. Achmad Djamaludin, M.A.P, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam & Jasa Kemenko Bidang Maritim Ir. Agung Kuswandono, M.A, KS Armada I Laksamana Pertama TNI Heri Kusmanto, S.E., M.M.,dan KS Armada II Laksamana Pertama TNI Ahmad Heri Purnomo, Kepala KPPN Jakarta I Ahmad Zuhri, Direktur Pertahanan dan Keamanan Bapenas RM Dewo Broto Joko P, SH, LLM, Staf Ahli Menpan RB Tin Zuraida, Wadan Kolatarmabar Letkol Laut (p) Rizal Musa Karim, S.E., Kepala Subdit Operasi Armada Direktorat pemantauan dan operasi Armada PSDKP Itu Rahman Arif,M.Si.,, Kepala Bagian Kerjasama Bapeten Anti Amaldi Rizal, Kasubdit Gakkum Ditpol Air Baharkam Polri Kombes Pol YS Widodo, Pabandya Hanud Paban II Sopsau Letkol Psk Iwan Setiawan,S.T., serta undangan lainnya. (*/Pen)

Komentar

Berita Terbaru