oleh

Bakamla SPKKL TBK Perangi Narkoba Bersama Masyarakat Maritim

PENANEGERI, Tanjung Balai Karimun – Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun (TBK) dipimpin Slamet Handi R, S.Sos., M.Ikom menggelar kegiatan sosialisasi untuk memerangi peredaran Narkoba di Perairan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), di di Costal Area Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung Bina Kreasi Maritim Bakamla di SPKKL ini dihadiri oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (P) M. Ritaudin, Kasi Penindakan II Kanwil Bea & Cukai TBK Helmy S., Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK) H. Azizman, Kepala BMKG TBK Raden Eko Sarjono, Pasintel Kodim 0317 Kapten Istaintamimi dan perwakilan dari Satpolair TBK, Perhubungan Laut (Dishub), Basarnas, Tagana, HNSI Karimun dan masyarakat maritim.

 

Menurut Slamet, wilayah Perairan Tanjung Balai Karimun yang bersebelahan dengan Malaysia dan Singapura merupakan wilayah yang sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan seperti sembako, minyak, people smuggling dan narkoba. Kerawanan yang berkaitan dengan penyelundupan narkoba kebanyakan melalui jalur laut. Patroli keamanan laut seyogyanya lebih cermat dan meningkatkan konsentrasi sehingga perlu suatu himbauan kepada masyarakat Maritim akan kesadaran bahaya membawa dan menggunakan narkoba.

Adanya indikasi para penyelundup menggunakan kapal ikan atau kapal barang (cargo) untuk mengangkut narkoba maka pemeriksaan barang angkutan kapal-kapal yang masuk ke perairan Indonesia dilakukan tidak sebatas mengecek kelengkapan administrasinya saja, tetapi juga kesesuaian antara administrasi kapal dengan barang yang diangkut, katanya. Pelaksanaan Bina Kreasi Maritim dimanfaatkan oleh SPKKL TBK Bakamla untuk meningkatkan interaksi yg harmonis dengan masyarakat maritim dan stakeholder.

Pada kesempatan ini kami menghimbau kepada bapak-bapak nelayan akan bahayanya bila membawa dan menggunakan narkoba dalam melakukan pelayaran karena hukumannya sangat berat, bisa sampai hukuman mati dan apabila mengetahui pergerakan narkoba yang melalui perairan kita, bisa langsung menghubungi kami, jelasnya.

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Tanjung Balai Karimun (SPKKL TBK) adalah salah satu unit pelaksana teknis Badan Keamanan Laut yang mempunyai tugas melaksanakan pemantauan aktivitas di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia untuk mendukung keamanan dan keselamatan laut. Salah satu fungsi SPKKL TBK adalah melaksanakan penyiapan data dan informasi sistem peringatan dini dan kondisi cuaca di Tanjung Balai Karimun yang telah memasuki musim hujan dan angin. (*/Pen)

Komentar

Berita Terbaru