oleh

Banjir Kembali Landa Kabupaten Aceh Utara

-Aceh-55 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Banjir dengan ketinggian sekitar satu meter menerjang sejumlah desa di wilayah Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (17/11).

Belum diketahui persis apakah ada korban jiwa akibat banjir tersebut, hingga kini BPBD dan SAR termasuk TNI-Polri di wilayah Kabupaten Aceh Utara masih melakukan pendataan di lapangan.

Amatan Penanegeri.com di sepanjang jalan lintas Medan – Banda Aceh tepatnya di Kecamatan Samudera, rata-rata digenangi air sekitar 50 sentimeter. Banyak kendaraan roda dua maupun roda empat yang tidak bisa melintasi badan jalan lantaran arus air cukup deras.

Begitu juga puluhan rumah warga sebagian telah tergenang air. Saat ini warga masih berupaya menyelamatkan anak-anak dan harta benda lainnya karena mereka khawatir jika banjir terus meningkat.

“Saya tidak tahu persis, tadi pagi tiba-tiba airnya naik dan sepertinya ini air dari luapan Krueng Geudong. Tapi di sini cuacanya cerah sekali, mungkin akibat hujan di Kabupaten Bener Meriah sehingga sungai itu meluap,” tutur Mulyadi salah seorang tokoh masyarakat Geudong kepada Penanegeri.com, Sabtu (17/11) siang.

Baca Juga  MRI dan ACT Berikan Bantuan Masa Panik

Masyarakat di beberapa desa Kecamatan Samudera saat ini sedang berupaya menyelamatkan barang-barang berharga ke kawasan yang lebih tinggi. Warga terlihat panik karena banyaknya barang-barang rumahan yang hanyut dibawa air.

Selain di Kawasan Geudong, banjir dilaporkan juga terjadi wilayah Kecamatan Matangkuli. Menurut Camat Matangkuli, Zulkifli, banjir ini disebabkan luapan Krueng Keureuto yang memang kerap terjadi pada tiap tahun.

“Saya baru pulang dari lapangan tadi meninjau sejumlah desa akibat banjir. Banjir mulai meluap sejak pagi tadi. Saat ini kami dalam mendata kerugian materi,” tandas Zulkifli saat ditemui awak media.

Komentar

Berita Terbaru