oleh

Banyak Warga Miliki KTP Tanggal Lahir yang Sama, Ini Kata Disdukcapil Aceh Utara

-Aceh-35 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Warga di Kabupaten Aceh Utara banyak memiliki tanggal lahir 01 Juli pada KTP elektronik mereka. Hal itu terungkap dalam verifikasi faktual yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat di Hotel Lido Graha, Minggu (17/3).

Pada verifikasi faktual tersebut, KIP Aceh Utara berdasarkan data yang diperolehnya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terdapat 130.262 orang pemilih yang memiliki tanggal lahir 01 Juli. Selain itu, juga terdapat 8.708 orang yang memiliki tanggal lahir 31 Desember.

“Itu berdasarkan data dari KK (Kartu Keluarga) merah yang sebelumnya hanya tertera tahun. Jadi pada saat membuat KK Nasional, setelah diketik tahun lahir, tertera sendiri pada sistem tanggal dan bulan lahir,” kata Kasi Identitas Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara, M Yusuf dalam verifikasi faktual itu.

Kecuali, kata M Yusuf, saat membuat KK nasional, yang bersangkutan melampirkan ijazah, akte kelahiran ataupun buku nikah. Menurutnya tidak ada masalah dengan banyaknya warga yang memiliki tanggal lahir yang sama itu.

Baca Juga  Ini Identitas Korban Tabrakan Dua Mobil Avanza di Aceh Utara

Sementara, Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar mengatakan, pemilih yang memiliki tanggal yang sama tersebut berdasarkan temuan dari Badan Pemenangan Nasional Capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pada temuan itu terdapat juga pemilih berusia 90 tahun sebanyak 42 orang dan pemilih berusia 17 tahun sebanyak 18 orang.

“Pengambilan sampel dan verifikasi faktual ini terbagi dalam lima kategori, yaitu pemilih dengan tanggal lahir 1 Januari, tanggal 1 Juli, kemudian 31 Desember, pemilih berusia lebih 90 tahun dan berusia 17 tahun. Semua data memang sudah sesuai, kecuali satu pemilih yang lahir pada 1 Januari dan itupun sudah meninggal setelah ditetapkan dalam DPT,” kata Zulfikar.

Kegiatan Verifikasi Faktual dan pengambilan sampel itu turut dihadiri para komisioner KIP dan sekretariat, komisioner Panwaslih Aceh Utara, Disdukcapil, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 serta seluruh PPK se Aceh Utara.

Komentar

Berita Terbaru