oleh

Barang Selundupan yang Ditangkap TIM WFQR Lantamal I Segera di Karantina

PENANEGERI, Langsa – Barang bukti dua unit boat kargo kayu bermuatan 20 ton bawang merah dan 27 batang pohon bonsai serta dua unit mobil truck yang ditangkap oleh Tim WFQR Lantamal I Belawan, kini diamankan di Pos AL Kuala Langsa dan segera diserahkan kepada pihak karantina.

Barang selundupuan itu berasal dari Negara Thailand, dan berhasil ditangkap Tim WFQR Lantamal I di perairan sungai Ie Masin Desa Air Masin Kecamatan Seruwai, Aceh Tamiang, Minggu (9/7) lalu.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Dan Lanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Nasruddin kepada sejumlah awak media, di Pos AL Langsa, Selasa (11/7) mengatakan, kedua barang yang diamankan tergolong tumbuhan.

“Selanjutnya kita serahkan kepada pihak Karantina untuk dimusnahkan,” tegas Dan Lanal.

Menurutnya, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, karena kedua barang selundupan itu berasal dari Thailand, maka tidak terjamin keseterilannya.

“Kedua barang itu tidak diketahui steril atau tidak, maka kita diserahkan ke pihak karantina yang lebih paham untuk diambil langkah selanjutnya,” tambah Nasruddin.

Dikatakan Nasruddin, kedua barang itu tidak boleh terlalu lama dibiarkan, agar terhindar dari kekhawatiran, kemungkinan barang tersebut telah terkontaminasi yang disebakan oleh berbagai faktor.

Dan Lanal menambahkan, terhadap kasus penyeludupan belum dilakukan penyidikan, saat ditemukan diperairan sungai Desa Air Masin, Kecamatan Seruway, tidak ada seorangpun diduga pelaku di TKP.

“Saat Tim WFQR menyergap, pelaku diduga telah mengetahui gerakan petugas, sehingga lolos dan melarikan diri dari sergapan, di TKP ditemukan dua boat Kargo dan dua truk bermuatan bawang serta pohon bongsai yang tak bertuan,” paparnya.

Kendati demikian, Dan Lanal menegaskan pihaknya tetap melakukan penyelidikan guna mengungkap identitas pemilik seluruh barang bukti yang telah diamankan.

“Kita akan berkoordinasi dengan Syahbandar selaku pihak yang mengeluarkan izin kapal, dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk mendapati informasi identitas pemilik dua truk tersebut, tandas Kolonel Laut (P) Nasruddin.

Sebelumnya, informasi yang berhasil dihimpun Penanegeri.com, pengintaian terhadap penangkapan tersebut telah dilakukan sejak hari Sabtu malam (8/7) sekitar pukul 21.00 WIB.

Setelah melaksanakan pengendapan dan pengintaian barulah pada hari Minggu (9/7) sekitar pukul 03.30 WIB dini hari Tim WFQr tiba dilokasi dan berhasil mengamankan 2 (dua) unit Boat Kargo kayu yakni, KM Sumber Rezeki III (Gt.15 No. 114/GGd) dengan muatan Bawang merah 20 ton dan KM Trisula I (Gt 34 No. 448/QQG) bermuatan 27 batang pohon bonsai serta 2 Mobil Truk BK 9081 PB dan BK 9504 DC.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *