oleh

Baru Satu Laporan Perusakan APK yang Ditangani Panwaslih Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Sejauh ini baru satu laporan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) yang memenuhi syarat formil dan materil yang ditindaklanjuti Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Bireuen.

Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslih Kabupaten Bireuen, Desi Safnita kepada wartawan, Rabu (9/1) menjeaskan, satu laporan resmi itu dari salah satu caleg Partai Nasional sedang ditangani karena memenuhi syarat.

Menurutnya, perusakan APK tersebut masuk ke ranah tindak pidana Pemilu. Maka Prosesnya bukan ditangani Panwas saja, tapi juga melibatkan polisi dan jaksa yang bergabung dalam Sentra Gakkumdu.

“Terkait laporan tersebut sudah ditindaklanjuti ke tingkat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) karena telah memenuhi syarat formil dan materil,” ujar Desi Safnita.

Selama proses pelaporan ke Panwaslih, sambung Desi Safnita, maka harus dengan disertai saksi dan mengetahui pelakunya serta kelengkapan lain yang diperlukan.

Dikatakan Desi Safnita, yang melaporkan juga harus tahu siapa yang dilaporkan, syaratnya selama melapor juga hampir sama dengan membuat laporan ke polisi dan harus jelas siapa yang dilaporkan.

Baca Juga  Panwaslih Bireuen : APK yang Dipasang di Titik Terlarang Harus Diturunkan

“Kendati demikian, bila ada laporan perusakan APK tampa tak ada saksi dan tak mengetahui pelakunya, Bawaslu tetap menerimanya. Tetapi laporan tersebut tidak dapat ditindaklanjuti ke tingkat Sentra Gakkumdu, apa bila tak memenuhi syarat,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru