oleh

Bayi Usia 4 Bulan di Aceh Timur Derita Gizi Buruk

PENANEGERI, Aceh Timur – Sakdiah, berusia 4 bulan, warga Dusun Batang Nibong Gampong Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Seulamat, Kabupaten Aceh Timur, menderita gizi buruk.

Anak kedua dari pasangan suami istri, Jafarudin (50) dan Erlena (43) tersebut, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Zubir Mahmud, Idi Kabupaten Aceh Timur, oleh pihak Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan Rantau Seulamat.

Camat Rantau Seulamat, Rudy Saputra S.STP M.AP, Kamis (20/6) menuturkan, bahwa setelah dibujuk oleh pihaknya bersama Kepala Puskesmas, Danramil Rantau Seulamat yang mengunjungi langsung rumah orang tua Sakdiah, barulah hari ini orang tua Sakdiah mau kembali membawa anaknya untuk berobat.

Dijelaskannya, sebelumnya pada Mei 2019, Sakdiah sudah sempat mendapat penangan media di RS Zubir Mahmud, Idi, Aceh Timur. Akan tetapi hanya berapa hari dirawat di sana, orang tuanya memutuskan membawa pulang anaknya yang menderita gizi buruk ini.

Sebab, orang tuanya tidak bisa berlama-lama di RS Zubir Mahud di Aceh Timur karena tak ada yang menjaganya.

Baca Juga  Pria Bertato Ditangkap Bersama 5 Kilogram Ganja

“Alasan orang tuanya membawa pulang Sakdiah dari rumah sakit, karena jika lama harus menginap di RS tidak ada yang menjaganya, karena orang tua lelakinya harus bekerja sebagai nelayan untuk memenuhi kebuhutan sehari-hari,” ujar Rudy.

Rudy Saputra menambahkan, dirinya bersama petugas puakesmas setempat beberapa kali mendatangi bayi itu, tapi orang tuanya enggan memberi izin anaknya untuk di rawat kembali ke rumah sakit. Sehingga bayi menderita gizi buruk ini tidak tertangani semestinya secara medis.

Namun setelah diberikan pemahaman tentang penyakit yang diderita si bayi sangat berbahaya untuk pertumbuhannya, barulah orang tua Sakdiah menyetujui agar membawa anaknya kembali ke RS Zubir Mahmud.

“Alhamdulillah, kini bayi yang menderita gizi buruk itu telah kita rujuk ke Rumah Sakit Zubir Mahmud. Kita berharap semoga anak ini cepat sembuh dari penyakitnya,” pungkas Rudy Saputra.

Komentar

Berita Terbaru