oleh

Bayi yang Ditemukan di Langsa Barat, Dititipkan Sementara kepada Orang Tua Angkat

-Aceh-159 views

PENANEGERI, Langsa – Dinas Sosial Langsa menitipkan sementara bayi yang ditemukan di Gampong Lhoek Banie, Kecamatan Langsa Barat, kepada calon orangtua angkat.

Bayi ini diserahkan oleh Kepala Dinsos Langsa, Armia SP, didampingi Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, Kamalul Rusdi, S.STP, kepada calon orang tua angkat, T Zulfikar (50), Rumini (40) warga Gampong Paya Bujok Seleumak, Kecamatan Langsa Barat, Kamis (5/12).

Kadisos Langsa, Armia SP mengatakan, bayi ini sebelumnya oleh pihak Polsek Langsa Barat Polres Langsa diserahkan kepada RSUD Langsa, dan barulah pihak rumah sakit menyerahkan kepada pihaknya.

Kemudian, karena panti asuhan Dinsos tidak memiliki fasilitas memadai untuk asuhan bayi, maka bayi ini kita titipkan sementara kepada calon orang tua angkat.

“Selama 6 bukan ke depan, tambah Armia, bayi yang belum diketahui orang tuanya ini akan terus berada dalam pengawasan pihak Dinsos Langsa,” ucapnya.

Lanjutnya, 6 bukan ke depan jika orang tua bayi tidak diketahui juga, selanjutnya barulah dilakukan proses penyerahan bayi kepada orang tua angkat yang layak mengadopsi bayi tersebut.

Baca Juga  Kejari Bireuen Periksa Pejabat Kemenag dan Kepsek Terkait Dana Bos

Disebutkan Armia, calon orang tua angkat bayi ini, pasangan suami istri (pasutri) sudah 13 tahun belum dikaruniai anak, dan mereka sangat menginginkan mengadopsi bayi ini.

Tambahnya, pada waktu sebelumnya pasutri itu telah mengusulkan adopsi bayi kepada Dinsos, dan pihaknya telah melakukan verifikasi kelayakannya.

“Ya, kita sudah melakukan verifikasi pasutri ini, dan mereka memenuhi kriteria mengadopsi bayi ini. Tapi, proses penyehan bayi tetap dilakukan pada 6 bulan ke depan dilakukan,” sebutnya.

Menurut Armia, selama ini kondisi bayi tersebut akan dipantau melalui Satuan Banti (Sakti) Pekerja Sosial (Pekaos) Dinas Sosial Langsa, dan akan melaporkan perkembangan bayi kepada dinas terkait.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc, melalui Kapolsek Langsa Barat, Ipda Mulyadi SE menyebutkan, hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus pembuangan bayi laki-laki ini.

Sebelumnya pada tanggal 26 November pagi, bayi baru lahir berapa jam itu ditemukan warga yang melintas di Jalan Medan – Banda Aceh, Gampong Lhoek Banie, Kecamatan Langsa Barat.

Baca Juga  Sat Narkoba Polresta Banda Aceh Ringkus Dua Pengedar Sabu

“Kini kasus pembuangan bayi ini masih kita lakukan penyelidikan, mudah-mudahan akan terungkap siapa pelaku pembuang bayi itu dan diketahui orang tua bayi tersebut,” imbuh Kapolsek Langsa Barat.

Sementara itu, calon orang tua angkat bayi, T Zulfikar, mengakui, sangat berniat mengadopsi bayi itu terutama istrinya, Rumini, karena sejak mereka menikah tahun 2006 lalu, hingga sekarang belum dikaruniai anak.

“Kami sangat berharap anak ini dapat kami adopsi menjadi anak angkat, kami berjanji akan merawatnya seperti anak kandung kami sendiri,” harapnya.

Hadir pada penyerahan bayi ini, Kapolsek Langsa Barat, Ipda Mulyadi SE, yang sebelumnya menyerahkan bayi kepada pihak RSUD Langsa, serta Dokter Spesialis Anak RSUD Langsa, dr Indriany Eka Putri, Kabid Keperawatan RSUD Langsa.

Komentar

Berita Terbaru