oleh

Beberapa Komandan ISIS Tewas di Deir Az Zor, Suriah

PENANEGERI, Desk Internasional – Pemimpin (emir) ISIS/ISIL di Deir Az Zor dan ‘menteri perang’ ISIS adalah di antara 40 militan ISIS/ ISIL yang tewas dalam serangan udara, jelas kementerian pertahanan Rusia.

Serangan udara pesawat jet Rusia di Suriah telah menewaskan sedikitnya 40 militan dari Negara Islam Irak dan kelompok Levant (ISIL, juga dikenal sebagai ISIS), juga termasuk beberapa komandan tertinggi kelompok ISIS tersebut, demikian penjelasan Kementerian Pertahanan Rusia di Moskow.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook pada hari Jumat (8/9), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pemimpin kelompok ISIS tersebut di Deir Az Zor dan “menteri perang”, adalah termasuk di antara mereka yang tewas terbunuh dalam serangan udara Rusia tersebut.

“Sebagai hasil dari serangan udara presisi terhadap angkatan udara Rusia di sekitar kota Deir Az Zor, sebuah pos komando, pusat komunikasi dan sekitar 40 militan ISIS telah terbunuh,” kata pernyataan tersebut.

“Menurut data yang dikonfirmasi, di antara para militan yang tewas adalah empat komandan lapangan yang berpengaruh, termasuk emir (pemimpin) Deir Az Zor bernama Abu Mohammed al-Shimali,” kata kementerian Pertahanan Rusia di Moskow tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia juga menyebutkan bahwa Gulmurod Khalimov, penduduk asli Tajikistan, yang dikenal sebagai menteri perang kelompok bersenjata ISIS di Deir Az Zor, dikabarkan menderita “luka fatal”.

Khalimov memimpin unit pasukan kementerian dalam negeri Tajik sebelum bergabung dengan ISIL pada tahun 2015.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan serangan udara tersebut, dilaancarkan, setelah Moskow menerima informasi intelijen awal pekan ini mengenai sebuah pertemuan para komandan ISIL/ISIS senior di daerah tersebut.

Didukung oleh Rusia, pasukan Suriah pada hari Selasa menerobos pengepungan selama bertahun-tahun yang dipaksakan oleh militan ISIL di puluhan ribu warga sipil di Deir Az Zor.

Pertempuran sengit juga terjadi antara pasukan pemerintah Suriah dan kelompok bersenjata ISIL/ISIS di sekitar kota Deir Az Zor.

Pasukan Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad pada hari Selasa mulai menembus blokade ISIL/ISIS, setelah hampir tiga tahun lamanya ISIS bercokol di bagian kota itu, hal ini menandai kemajuan yang signifikan untuk melawan kelompok bersenjata ISIS tersebut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *