oleh

Beginilah Cara Melawan Radikalisme Menurut Para Ulama Ahli Hadits

PENANEGERI, Jember – Isu radikalisme dan terorisme menjadi sebuah topik yang hangat diperbincangkan ditengah masyarakat.

Seiring dengan maraknya kasus kasus yang terjadi seputar radikalisme yang berkembang saat ini dan melibatkan banyak pihak.

Termasuk mereka yang ikut menaruh perhatian pada masalah ini.

Hal itu pula yang mendasari kemudian lahirnya sebuah acara seminar Internasional Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme dari sudut pandang para Ulama Ulama Hadist baik Klasik maupun Kontemporer.

Acara seminar yang dilakukan selama 2 hari tersebut diadakan di Hotel Dafam, Jember Jawa Timur dari tanggal 20-22 September 2019.

Pada kesempatan itu Ketua Panitia acara seminar tersebut, Dr Ali Musri Semjan MA menyampaikan bahwa tujuan diadakannya seminar ini memang bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya radikalisme dari upaya dari sebagian orang atau kelompok yang ingin memaksakan kehendaknya atas dasar pemahaman agama yang tidak sesuai dengan kaidah yang ada.

“Para Ulama, ilmuwan dan para akademisi diharapkan dapat
menunjukkan perannya dalam membantu pemerintah mencarikan solusi yang tepat dalam menghadapi persoalan bangsa, diantaranya masalah penanggulangan paham radikal di tengah masyarakat,” tutur ustd Ali Musri pada Jumat (20/9) kemarin.

Menurut ustad Ali Musri, cara cara yang akan ditempuh dan dilakukan adalah dengan membangun persepsi yang sama tentang pengertian Radikalisme dan upaya penanggulangannya.

Termasuk pula membangun sinergi dan kemitraan secara nasional dan internasional dalam mengantisipasi gerakan radikalisme.

“Para ulama ahli hadist klasik dan kontemporer di acara seminar ini pula akan merumuskan dan berdiskusi tentang apa itu radikalisme dan upaya penanggulangannya,” tandas Ustadz Ali Musri dihadapan para wartawan.

Sehingga pada akhirnya seluruh hasil pertemuan dan seminar itu akan dibuatkan kesimpulan akhir serta dilakukan penyampaian informasi dan sosialisasinya ke masyarakat apa itu radikalisme dan upaya semua pihak terkait dalam menanggulangi secara bersama sama. (rilis/red)

Komentar

Berita Terbaru