oleh

Belum Ajukan Usulan, 34 Desa di Bireuen Terancam Tak Bisa Dicairkan Dana Desa

-Aceh-1.189 views

PENANEGERI, Bireuen – Hingga pekan terakhir bulan Juli 2019, sebagian besar desa di Kabupaten Bireuen belum mengajukan berkas usulan pencarian Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap kedua.

Sementara batas akhir pengajuan berkas untuk pencairan dana tersebut berahkir hingga 31 Juli 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar S.STP M.Si kepada Penanegeri.com, Sabtu (27/7) mengatakan, apabila desa yang terlambat mengajukan hingga batas akhir itu, maka  dipastikan tidak bisa diproses lagi dan berdampak untuk bantuan dana DD tahun depan.

“Yang sudah masuk usulan pencairannya baru 575 berkas dan saat ini sedang diproses untuk pencarian bantuan tahap kedua. Untuk dana desa sebesar 40 persen dan ADG sebesar 30 persen,” katanya.

Sedangkan yang masih tersisa dan belum mengajukan berkas usulan tersebut, tambah Bob Miswar, ada sekitar 34 desa.

Dari 34 desa yang belum mengajukan berkas usulan tahap kedua yang  paling banyak adalah Kecamatan Jeunieb ada 11 desa. Kalau Kecamatan Jeumpa, Juli dan kecamatan Kutablang masing-masing empat desa.

Baca Juga  Tolak Tes Baca Al Quran di Meunasah, P2K dan KUA Sungai Raya Dilaporkan ke Gubernur Aceh

“Di Kecamatan Peusangan ada tiga desa, Kota Juang dan Peusangan Selatan masing-masing dua desa yang belum mengajukan,” sebutnya.

Sementara Kecamatan Peusangan Selatan, Simpang Mamplam, Peulimbang, Jangka dan Gandapura masing-masing satu desa.

“Selain memeriksa berkas yang diajukan juga melakukan monitoring secara acak ke sejumlah desa,  tim dari DPMGP-KB Bireuen juga sedang memastikan kesesuaian laporan yang disampaikan ke dinas,” ungkapnya.

Untuk kelancaran proses pencairan lebih cepat, apa lagi menghadapi lebaran Idul Adha, maka camat untuk segera melakukan koordinasi dan membantu percepatan pengajuan berkas usulan sehingga pencarian tidak terlambat.

“Camat kita minta agar untuk segera berkoordinasi dengan para keuchik untuk segera mempercepat pengajuan, agar tidak terkendala saat pencairan, apa lagi menghadapi lebaran Idul Adha,” pintanya.

Komentar

Berita Terbaru