oleh

Bentengi Pelajar, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Berikan Edukasi Bahaya Narkoba

PENANEGERI, Merauke –  Kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan yang muncul di era kemajuan teknologi sekarang ini.

Tidak ingin hal tersebut terjadi dikalangan pelajar yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, Tim Kesehatan Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad memberikan edukasi bahaya narkoba dan pergaulan seks bebas di SMK 1 Elikobel, Kampung Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (27/9/2019).

Dalam pelaksanaan pemberian edukasi ini, Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad di pimpin oleh Dokter Satgas Letda Ckm dr. M. Akbar Andriansah bekerja sama dengan Tim Nusantara Sehat Puskesmas Bupul, Distrik Elikobel.

Pada kegiatan edukasi ini, dijelaskan juga tentang kesehatan reproduksi dan pemeriksaan golongan darah serta cek HIV/AIDS.

Di hadapan siswa-siswi SMK 1 Elikobel, Dokter Satgas Letda Ckm dr. Akbar menyampaikan bahwa di era sekarang ini banyak pemberitaan di media terkait maraknya pergaulan bebas dan penggunaan narkoba, sebagian besar sering terjadi pada para remaja usia produktif.

“Untuk itu, perlunya bimbingan dan arahan sejak dini terhadap generasi muda baik secara formal maupun informal,” katanya.

“Kehadiran kami disini ingin memberitahu bahwa seks bebas dan narkoba memiliki bahaya dan sangat merusak masa depan. Satgas dengan Tim Nusantara Sehat ingin mengedukasi adik-adik untuk manjauhi hal-hal terlarang tersebut,” ujar Letda Ckm dr. Akbar.

“Oleh sebab itu, isilah kegiatan sehari-hari dengan hal-hal positif contohnya berolahraga dan rajin beribadah,” tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad dan Tim Nusantara Kesehatan Puskesmas Bupul, mendapat apresiasi dan sambutan hangat oleh para siswa-siswi di SMK 1 Elikobel.

Diungkapkan oleh Susan (16 tahun) bahwa dirinya sangat senang dengan arahan dan bimbingan yang diberikan oleh dokter Satgas.

“Saya sangat beruntung mendapatkan arahan dan bimbingan dari bapak dokter,” ucapnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI dan Ibu Bidan Kesehatan Nusantara. Dengan penjelasan tadi, Saya jadi tahu bahaya pergaulan seks bebas dan bahaya dari penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru