oleh

Berdayakan Potensi Lokal, Korem 032/Wbr Berhasil Ciptakan Mesin Air Boat

PENANEGERI, Padang – Komando Resor Militer 032/Wirabraja kolaborasi bersama siswa SMK Kartika Padang dan Tim Workshop berhasil kembangkan Mesin Air Boat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Korem 032/Wbr diwilayah binaannya bertempat di Jl.Kesatria No.1 Ganting Parak Gadang Kecamaran Padang Timur, Padang, Sumbar, Sabtu (1/2).

Korem 032/Wbr merupakan satuan militer yang berada di wilayah Sumbar dimana letak geografisnya terdiri dari daratan dan lautan.

Untuk itu jajaran Korem 032 terus melakukan inovasi dan pengembangan di bidang teknologi mesin dengan menciptakan mesin Air Boat yang menggunakan mesin mobil jenis minibus 1300 cc.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberdayakan SDM prajurit sekaligus mengangkat potensi lokal dalam mengembangkan ide-ide kreativitas dan kemampuan sehingga karya tersebut nantinya bisa digunakan oleh TNI dan pemerintah.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Danrem 032/Wbr menyampaikan bahwa Korem 032 bersama Tim Workshop dan SMK Kartika mencoba melakukan inovasi dengan menciptakan mesin Air Boat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem bersinergitas dengan pihak Pemerintah Daerah.

Untuk memastikan kesiapan dari mesin tersebut, maka pihak dari Korem dan SMK melakukan tes ujicoba di daerah sekitaran pantai Padang pada Sabtu (1/2).

“Guna menunjang tugas pokok TNI dengan tipologi wilayah yang berbeda maka dilakukanlah pengembangan di bidang teknologi mesin khususnya mesin Air Boat dengan menggunakan jenis mesin minibus 1300 cc yang nantinya digunakan prajurit TNI dalam melaksanakan tugas pokok”, ujar Danrem 032.

Selanjutnya, Danrem 032 menjelaskan mesin Air Boat ini merupakan sarana transportasi air yang sangat efektif digunakan oleh jajaran Korem 032 untuk menghadapi tugas dan tantangan kedepan, diciptakan dari hasil inovasi, kreativitas serta kemampuan anak bangsa melalui proses pembuatan yang panjang, dan tentunya mampu menyesuaikan kondisi kewilayahan dimana letaknya sangat strategis.

“Harapan kedepannya, Semoga mesin Air Boat ini bisa dimanfaatkan dalam waktu dekat guna membantu tugas pokok TNI khususnya jajaran Korem 032/Wbr yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah”, jelas Brigjen Kunto.

Brigjen TNI Kunto menambahkan mesin Airboat dirancang sebagai jenis Rantis yang memiliki karakteristik dan spesifikasi yang lebih mampu untuk beroperasi dalam segala bentuk daerah perairan yang ada, dan kokoh terhadap medan perairan yang berbatuan/karang dan perairan yang memiliki tumbuhan keras.

“Ini saya kira sangat pas untuk membantu penugasan satuan Kowil melalui Binter dengan karakter wilayah yang ada di Sumbar,” tutup Jenderal bintang satu itu. (Pen 032/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *