oleh

Beroperasi Kembali, Pelabuhan Kuala Langsa Jadi Pelabuhan Internasional

-Aceh, Ekonomi-75 views

PENANEGERI, Langsa – Setelah sekian lama tidak aktif, akhirnya Pelabuhan Kuala Langsa beroperasi kembali. Pengoperasian ini ditandai dengan penyerahan dokumen Permendag RI Nomor 24 tahun 2019, yang diserahkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Dr Sofyan A Djalil, SH, MA, M.ALD, kepada Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE, Sabtu (13/4).

Walikota Langsa, Usman Abdullah, mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI yang telah mengeluarkan izin impor melalui Menteri Perdagangan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 24 Tahun 2019 terkait izin impor.

Walikota juga berharap perlu adanya sosialiasi kepada pelaku usaha apa-apa saja produk yang boleh diimpor. Kemudian, terkait dengan birokrasinya jangan sampai pengusaha dipersulit, jika ini terjadi maka pelaku usaha tidak akan mau menggunakan pelabuhan ini.

Selain itu, jika ada pelanggaran yang tidak fatal maka jangan langsung diberikan sangsi tapi harus diberi sosialisasi. Namun, jika narkoba dan senjata maka ini tidak bisa dimaafkan, jangan sampai pelabuhan ini disalahgunakan untuk memasukan barang-barang ilegal tersebut.

Baca Juga  Tinjau Pelabuhan Kuala Langsa, FPRM Apresiasi Tim Kemenko Maritim

“Pemberian izin impor ini, merupakan peluang emas bagi kita dan pelabuhan ini harus kita kembangkan, saya sampaikan kepada pelaku usaha untuk menyampaikan kepada teman-temannya agar bisa memanfaatkan pelabuhan ini,” ungkapnya.

Pelabuhan Kuala Langsa
(Penanegeri/M Rizal) : Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Dr Sofyan A Djalil, SH, MA, M.ALD, menggunting pita pertanda telah beroperasinya kembali Pelabuhan Kuala Langsa, Sabtu (13/4).

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kemenko Bidang Kemaritiman Ir Agung Kuswandono MA, menyampaikan, bahwa Pelabuhan Kuala Langsa ini akan dijadikan sebagai pelabuhan internasional.

“Kami siap menjadi jembatan agar pelabuhan ini bisa berkembang sehingga benar-benar dirasakan oleh masyarakat, kita akan terus bekerja sebaik-baiknya dan akan menutupi apa yang kurang,” sebutnya.

Lanjutnya, saya berharap kepada teman-teman imigrasi, TNI, Polri, LSM, untuk membantu Pelabuhan Kuala Langsa menjadi pelabuhan internasional, dan tidak perlu diminta tapi harus ada inisiatif sendiri untuk membantu Pemko Langa memajukan pelabuhan ini,” tutup Agung Kuswandoro.

Pada kegiatan itu turut hadir Bupati Aceh Tamiang H Mursil, Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan SIK MSc, Dandim 0104/Atim Letkol Inf M Iqbal Lubis, Kajari Langsa R Haikal SH MH, dan Ketua DPRK Langsa Burhansyah SH serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Komentar

Berita Terbaru