oleh

Besok, Semua APK Caleg Harus Diturunkan

-Aceh, Politik-41 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Sebagaimana aturan yang berlaku, mulai besok, Minggu (14/4), semua alat peraga kampanye (APK) calon legislatif harus dibersihkan karena memasuki tahapan masa tenang Pemilu 2019.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara, Yusriadi SE, mengatakan siap menurunkan APK bila pada waktu yang telah ditentukan tidak diturunkan oleh calon legislatif. Proses penurunan akan melibatkan Satpol PP dan bantuan pengamanan dari TNI dan Polisi.

“Ada undang-undangnya caleg disarankan segera menurunkan APK pada waktu yang telah ditentukan, jadi ketika mereka tidak melakukan maka kita harus ambil tindakan. Satu hari sebelum pemilihan sudah bersih semua APK,” kata Yusriadi kepada Penanegeri.com, Sabtu (13/4).

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Wakapolres Kompol Edwin Aldro dalam apel siaga yang digelar hari ini di Polres itu mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan personel untuk memberikan pengamanan dan back-up untuk penurunan APK.

“Dalam masa tenang ini, ada beberapa kegiatan dari penyelenggara pemilu. Tugas kita melakukan back-up pengamanan, baik yang di kabupaten atau dikecamatan. Ada penertiban APK tugas kita hanya mengamankan, bukan ikut menurunkan,” kata Kompol Edwin Aldro.

Baca Juga  Ini Ciri Pakaian yang Dikenakan Jasad Lelaki Mengapung di Tengah Laut Samalanga

Ia mengatakan, setelah masa tenang nantinya akan ada pelaksanaan pencoblosan. Sebagai anggota Polri harus mampu memeberi rasa aman, memberi rasa kepercayaan terhadap masyarakat untuk mengamankan pemilu, bersikap etis dalam pelaksanaan tugas, sopan, ramah dan tegas dalam penegakan hukum.

“Persiapkan diri, data, operasional dan kesiapsiagaan kita, performa untuk menghadapi hal-hal yang dapat mengganggu terlaksananya pemilu ini,” ujarnya kepada para personel dalam apel tersebut.

Komentar

Berita Terbaru