oleh

Bila Tak Segera Diajukan Usulan Tahap Terakhir, Dana Desa di Bireuen Menjadi Silpa

PENANEGERI, Bireuen – Hingga minggu pertama Desember 2019, sejumlah desa di Kabupaten Bireuen belum juga mengajukan usulan penarikan bantuan Dana Desa (DD) tahap akhir.

Sementara batas pengajuan Dana Desa tersebut  berakhir Minggu ketiga Desember. Apabila tak segera mengajukan usulan, maka Dana Desa tidak bisa ditarik lagi, dan akan menjadi silpa kas di Pemkab Bireuen.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar S.STP, M.Si kepada wartawan, Rabu (4/12).

“Apabila tahap akhir ini, Dana Desa tidak segera ditarik, maka tetap harus dikembalikan ke kas negara atau kas daerah,” ujarnya.

Dikatakan Bob Mizwar, syarat utama untuk pengajuan permohonan penarikan DD tahap akhir, setiap desa harus mempertanggunjawabkan Dana Desa sebelumnya.

Dijelaskan Bob Mizwar, persentase realisasi pekerjaan fisik minimal 75 persen baru bisa mengajukan usulan penarikan bantuan tahap akhir Desember ini.

“Bila realisasi fisik yang menggunakan  Dana Desa masih dibawah 75 persen, maka desa tersebut tidak bisa mengajukan usulan penarikan tahap akhir dan resikonya  akan menjdi silpa,” ungkapnya.

Baca Juga  Ditimpa Pohon Kelapa, Dapur Rumah Warga Cureh Bireuen Hancur

Diterangkan, bila dana yang tidak ditarik tersebut, maka dikembalikan ke kas negara atau kas daerah, sebab dana DD seluruhnya sudah berada di kas daerah.

Untuk proses tersebut, pihaknya telah berulangkali mengingatkan perangkat desa seluruh 17 kecamatan yang belum mengajukan usulan Dana Desa tersebut, maka segera mengajukan sebelum batas akhir yang ditentukan.

Disamping itu, Bob Mizwar menegaskan untuk setiap desa yang tidak bisa menarik DD tahap akhir ini, maka akan segera dilakukan dievaluasi oleh tim Pemkab Bireuen serta pemerintah pusat.

“Kalau ada desa yang tidak bisa menarik DD tahap akhir ini karena kendala pertanggungjawabannya, maka resikonya jumlah dana yang didapat tahun berikutnya bagi desa tersebut akan lebih  kecil di tahun sebelumnya,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru