oleh

Bireuen Kembali Gagal Capai Target 10 Besar MTQ ke-34 di Pidie

PENANEGERI, Bireuen – Harapan kontingen Kabupaten Bireuen untuk mengubah peringkat pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 34 tingkat provinsi Aceh, Kabupaten Pidie, Jumat (27/9) malam kembali gagal.

Sementara MTQ ke-33 tingkat Provinsi Aceh di Idi Rayeuk tahun 2017, Bireuen sempat berada di peringkat 11 dengan nilai 9 dari hasil 5 finalis, mereka mendapat dua peserta juara 2 dan tiga untuk juara 3 ditambah sembilan juara harapan.

Tahun ini, kontingen Bireuen kembali terpuruk dan berada di peringkat 13 provinsi dengan nilai 8 dari hasil dan hanya satu kafilah dari Bireuen meraih juara pertama di cabang Tartil Qur’an Putra, sementara tiga orang hanya menyabet juara 3.

Beruntung, keberhasilan Muhammad Fariz Al Hafiz, putra Bireuen ini berhasil menjadi juara I setelah pada penampilannya dapat mengumpulkan nilai tertinggi 92,50 di final cabang Tartil Al Qur’an.

Ketua Kafilah Kabupaten Bireuen, H Jufliwan SH, MM kepada wartawan, Sabtu (28/9) menjelaskan, dengan porlehan itu, Kafilah Bireuen berada di peringkat 13 provinsi.

“Seluruh peserta, pelatih dan official yang ikut di MTQ ke-34 ini sudah berjuang maksimal dan telah berusaha semaksimal mungkin, dan ini suatu prestasi yang baik,” kata Jufliwan yang juga Kadis Syariat Islam Bireuen itu.

Baca Juga  Patroli Tengah Malam, WH Langsa Amankan Dua Wanita Berpakaian Seksi

Di ajang MTQ ke-34 tingkat provinsi tersebut, Kabupaten Bireuen sempat memboyong 45 kafilah, 16 orang official dan 19 orang panitia dan seluruhnya berjumlah 80 orang.

Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-34 Provinsi Aceh yang digelar di Kabupaten Pidie berakhir, Jumat (27/9) malam. Kabupaten Aceh Besar meraih juara umum setelah mendominasi perolehan nilai dari 22 kabupaten/kota lainnya.

Hasil terakhir penilaian dewan hakim, dari 8 cabang diperlombakan di MTQ ke-34 di Pidie, Aceh Besar mengumpulkan nilai 76 berada di peringkat pertama.

Sementara Aceh Timur, juara umum MTQ ke-33 tergeser ke urutan dua dengan perolehan nilai 60. Disusul Aceh Utara diperingkat tiga dan Pidie selaku tuan rumah harus puas di urutan empat.

Berikut peringkat 10 Besar MTQ Ke-34 tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Pidie tahun 2019, Kabupaten Aceh Besar,  Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Utara.

Lalu Kabupaten Pidie, Kota Banda Aceh, Kabupaten Nagan Raya, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Tengah dan Kota Subulussalam.

Komentar

Berita Terbaru