oleh

Bireuen Kembali Wacanakan Pemindahan TPA ke Cot Batee Geulungku

PENANEGERI, Bireuen – Pemerintah Kabupaten Bireuen kembali merencanakan pemindahan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah ke Cot Batee Geulungku, Simpang Mamplam kabupaten setempat.

Belakangan ini seluruh sampah yang diangkut, baik dari Gandapura dan Samalanga serta Kota Bireuen itu dibuang ke Blang Beururu, Peudada.

Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Ismunandar ST, MT kepada wartawan, Selasa (19/11) mengatakan, kalau kawasan lama di Blang Beururu, Peudada sepertinya tidak memungkinkan lagi sebagai lokasi TPA.

“Untuk lokasi baru di kawasan Cot Batee Geulungku, Simpang Mamplam telah dilakukan peninjauan. Tahap awal segera dilakukan pembebasan lahan seluas 15 hektar,” katanya.

Tujuan utama pemindahan tersebut, tambah Ismunandar dilakukan ke Batee Geulungku ini agar tidak menimbulkan masalah menyangkut lingkungan, dan di lokasi ini rencananya disediakan fasilitas daur ulang sampah untuk dijadikan kompos serta sarana pendukung lainnya.

“Bila dilakakukan daur ulang, maka seluruh sampah tersebut akan memberikan manfaat lebih bagi warga atau bisa dimanfaatkan untuk petani,” ujarnya.

Baca Juga  Mini Bus Rombongan Pengantin Asal Langsa Kecelakaan di Aceh Utara, Ini Jumlah Korbannya

Disamping itu, Ismunandar menambahkan sejauh ini armada pengangkut sampah di Bireuen hanya 18 unit truk dengan tugas mengakut dan mengutip sampah dibeberapa kawasan. Dua unit truk bertugas di Peusangan sampai Jangka, dua unit lainnya ke Samalanga, Jeunieb sampai Peulimbang.

“Sementara di Kota Bireuen dan sekitaranya itu ada 12 unit, ditambah  ditambah 3 unit mobil pickup L-300 serta dua unit becak motor. Namun kendala saat ini tenaga kebersihan hanya 248 orang yang dinilai belum mencukupi,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru