oleh

BKKBN Aceh Gelar Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK

-Aceh-51 views

PENANEGERI, Langsa – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh bersama mitra kerjanya Komisi IX DPR RI, menggelar sosialisasi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Program Badan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di Aula Cakdon setempat, Rabu (27/3).

Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE diwakili Staf Ahli, Junaidi menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Langsa sangat mendukung kegiatan ini karena kami yakin sasaran pembangunan kependudukan dan keluarga berencana sebagaimana yang telah ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019 tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dan kerjasama/kemitraan berbagai pemangku kepentingan/stake holders.

Pemerintah telah menetapkan beberapa indikator, seperti penurunan angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) dari 2,6 menjadi 2,28 anak per wanita, meningkatkan pemakaian alat/obat kontrasepsi, dan menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terlayani dari 11,4 persen menjadi 9,91 persen.

Sasaran tersebut, sambungnya, tidak mungkin akan tercapai jika hanya mengandalkan BKKBN saja, tetapi perlu dukungan dari dinas-dinas lain, TNI/Polri, dunia pendidikan, dunia usaha, tokoh budaya, tokoh agama, tokoh perempuan, pemerintahan gampong, LSM, media massa,  dan pihak-pihak lainnya.

Baca Juga  Wakil Walikota Langsa : Zakat akan Jadi Instrumen Ekonomi Umat

Oleh karena itulah kegiatan seperti hari ini sangat penting untuk sering dilakukan, yaitu membangun pemahaman dan kesepakatan bersama tentang langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan agar tujuan KKBPK dapat terealisasi.

Kemudian, kami berharap peserta yang hadir pada hari ini punya anggapan yang sama tentang pentingnya acara ini sehingga serius mengikuti seluruh paparan materi yang disampaikan narasumber. Peserta jangan hanya berpikir datang, duduk, diam, dan duit (4D), tetapi harus pro aktif bertanya jawab dengan narasumber sehingga semakin kaya pengetahuan kita.

“Kami yakin besar manfaat dan pahala orang yang sungguh-sungguh mencari ilmu pengetahuan. Dengan semakin meningkatnya pengetahuan, maka semakin meningkat pula kualitas hidup,” ujar Junaidi.

“Terakhir, kami mengucapkan selamat mengikuti sosialiasi Kemitraan KKBPK di Kota Langsa. Mudah-mudahan acara ini sukses, prosesnya berjalan lancar dan output-nya sesuai dengan yang direncanakan,” pungkasnya.

Dalam sosialisasi tersebut sebagai pemateri adalah anggota Komisi IX DPR RI, Tgk Khaidir Abdurrahman, SIP dan Kepala BKKBN Provinsi Aceh, Sahidal Kastri, M.Pd.

Komentar

Berita Terbaru