oleh

BKSDA Kirim Tim untuk Giring Gajah Liar di Simpang Keuramat

-Aceh-46 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh mulai mengirimkan timnya ke kawasan Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara untuk menanggulangi gajah liar, Senin (14/1).

Sebagaimana diketahui, kawanan gajah liar sejak beberapa hari yang lalu mengobrak-abrik kebun kelapa sawit dan palawija milik warga Desa Simpang Jambe, Kecamatan Simpang Keuramat.

Seperti yang disampaikan Camat Simpang Keuramat, Iskandar kemarin, ada sekitar 4 hektar kebun sawit dan palawija milik warga yang diobrak-abrik hewan berbelalai tersebut. Sekitar 40 hektar lainnya milik PT Bumo Tari.

“Kita hari ini sudah mengirimkan tim dari Banda Aceh ke kawasan Kecamatan Simpang Keuramat Aceh Utara untuk melakukan proses penggiringan gajah-gajah liar itu,” kata Kepala BKSDA Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo kepada Penanegeri.com, Senin (14/1).

Sapto mengatakan, tim dari BKSDA itu akan melakukan penggiringan gajah bersama masyarakat setempat hingga kawanan gajah tersebut menjauh dari area perkebunan warga.

“Dalam hal ini, kita juga sangat berharap pihak perusahaan perkebunan sawit itu juga harus berpartisipasi dalam menjaga konservasi alam. Tentunya gajah-gajah ini menghantam apa yang ada di depannya ketika habitat sudah terganggu. Jika habitatnya terganggu akibat penebangan hutan, maka penebangan hutan itu harus dihentikan,” harap Sapto Aji Prabowo.

Komentar

Berita Terbaru