oleh

BKSDA Lakukan Otopsi Gajah Yang Mati di Pante Peusangan Juli Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan tim kesehatan melakukan otopsi, memastikan penyebab matinya seekor

 yang ditemukan, dikawasan Alue Batee Plah, Desa Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Jumat (28/12) sore.

Tim yang hadir ke lokasi antara lain Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, drh Rosa Rika Wahyuni, M.Si dan anggota. Kemudian Kasatreskrim Polres Bener Meriah Iptu Wijaya Yudi dan perangkat Desa Pantee Peusangan.

Lalu Kasatreskrim Polres Bireuen Ipda Safaruddin, Kapolsek Juli Ipda Ipda Prawira Wardany, S.Tr.K, Kepala Pusat Latihan Gajah Aceh Andi Aswinsyah, petugas CRU Sayeung Bener Meriah serta sejumlah anggota polisi setempat.

Gajah dengan juluka si Bongkok yang diperkirakan berusia 40 tahun itu diduga sudah mati sejak beberapa pekan lalu, kini kondisinya mulai membusuk dan menebar bau busuk.

Kepala BKSDA Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo kepada Penanegeri,com dilokasi menjelaskan, kita belum bisa memastikan penyebab utama, kalu gajah ini mati dan ini perlu dilakukan otopsi untuk mengambil sampel organ bagian dalam tubuhnya.

Baca Juga  Kasat Reskrim Bener Meriah Minta Gading Gajah yang Diambil di Pante Peusangan Dikembalikan

Menurut Sapto Aji Prabowo sampel yang diambil itu limpa, paru-paru, jantung, hati, dan usus untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan ke laboratorium forensik, apakah ada mengandung toksit atau racun, dan bisa juga kemungkinan gajahnya mati dengan wajar.

“Kondisinya memang ada luka dibagian selangkangan paha kanan dan bagian punggungnya  akibat serangan gajah lain. Bisa jadi gajah ini sempat berkelahi dengan gajah lain,” terangnya.

Di singgung gadingnya yang diduga telah hilang dicabut saat gajahnya telah mati oleh oknum tertentu, Sapto Aji Prabowo mengaku, kalau gadingnya diperkirakan panjangnya satu meter lebih.

“Ini dilihat dari bentuknya, ukuran gading sekitar satu meter lebih, diduga orangnya yang mengambil dan didapat masih sangat utuh, Boleh jadi gading ini ditarik setelah gajah ini mati dan busuk,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terbaru