oleh

BMKG Aceh Ingatkan Nelayan untuk Berhati-hati

-Aceh-78 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat khususnya para nelayan agar tetap berhati-hati ketika berada di laut, Rabu (22/5).

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda, Zakaria menanggapi adanya seorang nelayan yang meninggal dunia di Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara diduga akibat disambar petir.

“Memang dalam beberapa hari ke depan secara prediksi umum, masih mengalami musim kemarau. Tapi bisa saja tiba-tiba membentuk awan hitam di udara laut. Ketika itu, nelayan semestinya berteduh di dalam ruangan untuk menghindari petir atau langsung bergegas pulang ke darat,” ujarnya.

Sementara ketinggian gelombang laut menurut hasil penelusuran BMKG untuk wilayah bagian timur utara rata-rata 0,5 hingga 1,25 meter. Ketinggian gelombang ini secara keilmuan tergolong gelombang rendah dan tidak membahayakan bagi nelayan.

“Kalau mengenai intensitas hujan, untuk daerah itu dapat diprediksi akan turun hujan sedang dan ringan. Sementara untuk daerah Kabupaten Aceh Selatan kita prediksikan akan terjadi banjir walaupun dalam skala rendah,” ujarnya.

Komentar

Berita Terbaru