oleh

Boeing TNI AU Kembali Bawa Alkes Bantuan Untuk Papua Barat, Diterima Karumkit Kodam XVIII/Kasuari

PENANEGERI, Manokwari – Personel Kodam XVIII/Kasuari, dalam hal ini Satuan Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari, kembali menerima kedatangan berbagai Alat Kesehatan (Alkes) bantuan yang dibawa dari Jakarta menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI AU, Sabtu (11/4/2020) di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Bantuan Alkes yang berasal Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 ini, diserahkan oleh pilot pesawat TNI AU Mayor Penerbang (Pnb) Erik Budi Setiawan kepada Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Tk. IV 18.07.02 J.A. Dimara Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Ckm dr. Usman Alkaff, Sp, PD.

Selanjutnya, Alkes bantuan yang berupa 60 koli Alat Pelindung Diri (APD) dan 3 koli Masker tersebut diserahkan Karumkit J.A. Dimara kepada instansi yang menjadi tujuan pemberian bantuan tersebut, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat, yang diterima langsung oleh Kadiskes Provinsi Papua Barat, Otto Parorrongan, SKM, M, MKes.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau beserta prajuritnya yang telah berupaya membantu mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dan Masker bagi tenaga kesehatan hingga ke tempat kami, Provinsi Papua Barat,” ucap Otto Parorrongan.

Menurutnya, bantuan Alkes yang baru datang tersebut merupakan barang susulan dari yang sebelumnya telah dikirimkan oleh Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19. Oleh karena itu, setelah Alkes yang baru datang ini diterima maka pada hari ini juga akan langsung disalurkan ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di wilayah Papua Barat

“Kita berharap, dengan pemberian kelengkapan APD dan Masker kepada tenaga kesehatan ini, menjadikan mereka lebih percaya diri karena akan memberikan pengamanan yang lebih baik dalam melayani pasien secara sungguh-sungguh,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pilot pesawat TNI AU pengangkut Alkes susulan itu, Mayor Penerbang (Pnb) Erik Budi Setiawan mengungkapkan, pesawat Boeing 737 yang dibawanya tersebut berasal dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Boeing 737-400 A-7306 ini membawa awak pesawat (aircrew) 12 orang dan rute penerbangan kami adalah Jakarta – Manokwari – Makassar,” pungkas Erik.

(Rilis/Ertoto/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *