oleh

BPJS Kesehatan Bahas Kepatuhan Perusahaan Bersama Disnaker Aceh Timur

-Aceh-22 views

PENANEGERI, Aceh Timur – Dalam mengoptimalkan kepatuhan badan usaha terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Timur melakukan koordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Aceh Timur, Rabu (29/5).

Kepala Bidang Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Aceh Timur, Zunnayah, mengungkapkan, bahwa akan mendukung penuh BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS.

“Kami akan membantu BPJS Kesehatan dalam hal mengoptimalkan kepatuhan badan usaha terhadap Program JKN-KIS, baik dalam segi pendaftaran maupun pembayaran iuran. Apalagi Program JKN-KIS ini merupakan program yang ditetapkan oleh undang-undang tentang kewajiban pemberi kerja dalam menjamin kesejahteraan pekerjanya, dan kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesejahteraan,” jelas Zunnayah.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Rustam mengatakan, bahwa di Kabupaten Aceh Timur terdapat 58 badan usaha. Ia mengatakan, ada 7 badan usaha yang terbilang bermasalah di Kabupaten Aceh Timur.

“Permasalahannya beragam mulai dari menunggak iuran sampai dengan adanya badan usaha yang sudah tidak aktif tetapi tidak dipailitkan secara sah, mengingat hal tersebut maka BPJS Kesehatan sangat memerlukan koordinasi dengan dinas ketenagakerjaan kabupaten untuk mengetahui faktor terjadinya permasalahan badan usaha dalam menjadi peserta JKN-KIS,” ungkapnya.

Baca Juga  Ini Kronologi Karamnya KM Diwangga di Perairan Krueng Geukueh

Rustam juga menambahkan, pertemuan ini merupakan pertemuan awal menindaklanjuti forum yang telah dilaksanakan sebelumnya dan diharapkan kedepannya pihak BPJS Kesehatan dan pihak Dinas Ketenagakerjaan dapat secara bersama turun ke lapangan untuk melihat kondisi maupun kendala badan usaha dalam menjalankan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Harapan saya dengan adanya koordinasi ini dapat meningkatkan kepatuhan badan usaha yang berada di Kabupaten Aceh Timur,” tutup Rustam.

Komentar

Berita Terbaru