oleh

BPJS Kesehatan dan Dinkes Aceh Tamiang Uji Coba SIKDA Generik Bridging P-Care 

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Dalam rangka memberikan kemudahan akses dan efisiensi bagi penggunanya, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang bersama BPJS Kesehatan Cabang Langsa melakukan uji coba kesiapan penggunaan Aplikasi Sistem Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Bridging P-Care di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (14/3).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Puskesmas Manyak Payed, Puskesmas Kota Kuala Simpang dan Puskesmas Kejuruan Muda. Ketiganya merupakan Puskesmas yang terpilih di Kabupaten Aceh Tamiang untuk menjadi pilot project pelaksanaan uji coba SIKDA Generik Bridging P-Care.

Sekretaris Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Irianto saat membuka acara menyampaikan, bahwa sudah menunggu lama agar sistem ini terealisasi.

“Kesempatan ini sudah kami tunggu hampir kurang lebih 2 tahun lamanya, banyak kendala yang kami hadapi agar sistem yang terintegrasi ini dapat berjalan, mulai dari persiapan kami yang harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi sampai akhirnya ketahap ini,” jelas Irianto.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa pihaknya mengharapkan agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh perwakilan puskesmas, agar puskesmas dinilai layak dan lulus dalam uji coba ini, sehingga sistem yang terintegrasi ini dapat segera terealisasi dan dapat digunakan pada puskesmas lainnya mengingat sangat banyak manfaat yang diperoleh dengan terintegrasinya aplikasi ini.

Baca Juga  Curi Emas untuk Modal Nikah, Seorang IRT di Langsa Ditangkap

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer pada BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Rice Handayani, menyambut baik permohonan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang untuk melakukan integrasi kedua aplikasi ini. Dengan terintegrasinya kedua aplikasi ini diharapkan akan semakin mempermudah penggunaan aplikasi dalam hal memasukkan data.

“Apabila uji coba ini sukses serta Ouskesmas mempunyai akses untuk terintegrasi data yang diinputkan pada aplikasi SIKDA Generik  dan juga secara otomatis akan terinput pada Aplikasi P-Care, tentu akan mempermudah cara kerja petugas puskesmas, sehingga petugas tidak perlu lagi melakukan double entry untuk data peserta JKN-KIS,” tutup Rice

Komentar

Berita Terbaru