oleh

BPJS Kesehatan dan RSUD Langsa Bahas Optimalisasi PRB

PENANEGERI, Langsa – BPJS Kesehatan Cabang Langsa melakukan sosialisasi lanjutan terkait pelaksanaan Utilisasi Review (UR) rawat jalan serta keberlangsungan pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa, Kamis (9/5).

Kepala Pelayanan Medik RSUD Langsa Indriany Eka Putri mengatakan, bahwa manajemen rumah sakit akan mendukung penuh pelaksanaan PRB di RSUD Langsa.

“Kami akan membentuk penanggung jawab khusus untuk merekrut pasien PRB dan memastikan dokter untuk mengedukasi pasien kronis yang sudah stabil agar kembali ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar untuk pemeriksaan rutin sedangkan pasien kronis yang akut tetap bisa kontrol ke rumah sakit,” terangnya.

Indri juga menambahkan akan segera memperbaiki hasil Walk Through Audit (WTA) yang rendah yakni pada poin antrian. Ia akan berkoordinasi lebih lanjut dengan manajemen rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan dalam hal antrian yang selama ini belum terkelola dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Langsa Rina Afrida, mengingatkan kembali RSUD Langsa agar memenuhi target PRB yang sudah ditentukan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, karena akan mempengaruhi poin-poin penilaian dalam perpanjangan kerja sama.

Baca Juga  KIP Aceh Utara Tempati Gedung Baru di Lhoksukon

Ia juga berharap agar rumah sakit melaksanakan PRB sesuai dengan regulasi dan perjanjian kerjasama yang telah ada, dan tentu saja dengan mengindahkan kepuasan peserta.

“Kepuasan peserta JKN-KIS juga merupakan hal yang penting. Jadi diharapkan manajemen rumah sakit lebih memperhatikan kedisiplinan jadwal dokter yang sudah diumumkan agar menghindari penumpukan antrian pasien,” tutup Rina.

Komentar

Berita Terbaru