oleh

BPOM Aceh Temukan Mie Kuning di Bireuen Mengandung Boraks

-Aceh-1.568 views

PENANEGERI, Bireuen – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh menemukan sampel pada mie kuning yang dijajakan, di Bireuen mengandung boraks, Selasa (21/5) sore.

Temuan bahan pengawet itu saat tim tersebut melakukan pemeriksaan sampel makanan berbuka, di kawasan Langgar Square, Bireuen.

Selama pemeriksaan itu, tim BPOM Aceh ikut didampingi Wakil Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani, Kadinkes Amir Ardani, Kadis Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Bireuen, Ir Alie Basyah.

Kepala Balai Besar POM Aceh, Drs Zulkifli Apt kepada Penanegeri.com mengatakan, selain mie kuning, ada beberapa jenis makanan yang dijual di pusat jajanan di Bireuen juga ditemukan makanan yang mengandung boraks.

“Hasil pemeriksaan yang ditemukan tadi, selain mie kuning, untuk makanan chenil dan putu bambu juga diduga mengandung boraks,” katanya.

Untuk itu kita berharap baik pengusaha mie kuning dan  pedagang untuk hati-hati saat melakukan usahanya.

Dibagian lain, Zulkifli juga meminta dinas terkait di Bireuen untuk selalu memantau seluruh usaha makanan, sehingga pengusaha tidak sembarangan saat menjual barang dagangannya.

Baca Juga  IGI Aceh Utara Minta Pemerintah Bentuk Qanun Perlindungan Guru

Dikatakakannya, selama ini banyak pedagang yang tidak mengerti bahaya bila menggunakan boraks maupun kapur sirih, atau formalin di makanan.

“Tetapi masyarakat juga harus tahu, kalau sering makan, makanan yang mengandung unsur itu terus menerus, maak dapat terkena kanker dan ginjal,” pungkas Zulkifli.

Komentar

Berita Terbaru