oleh

BPS Bireuen Terapkan Sensus Penduduk Secara Online

PENANEGERI, Bireuen – Dalam waktu dekat, Badan Pusat Statistik (BPS) Bireuen kembali melakukan sensus penduduk dengan dua tahap dengan tujuan untuk menyediakan data, jumlah, komposisi, penyebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala BPS Bireuen, Dara Dian SE pada rapat koordinasi kabupaten (Rakorkab) sensus penduduk 2020, di Oprom Kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bireuen, Selasa (11/2).

“Sensus penduduk tahun 2020 ini berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Sebab sensus penduduk 2020 dilakukan dua tahap. Tahap pertama merupakan sensus penduduk secara online mulai tanggal 15 Februari hingga tanggal 31 Maret,” tuturnya.

Sedangkan tahap kedua, sambung Kepala BPS, sensus penduduk akan dilakukan wawancara langsung dengan masyarakat yang belum terdaftar secara online, dan dilaksanakan satu bulan penuh mulai 1 sampai 31 Juli 2020 mendatang.

“Untuk menuntaskan program ini, maka kami berharap jajaran di Pemkab Bireuen dapat ikut berpartisipasi serta kerjasama, sehingga sensus penduduk tahun 2020 di Bireuen tuntas,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Bireuen Ir H Zulkifli SP dalam arahannya mengatakan, Pemkab Bireuen tetap menyambut baik serta ikut mendukung terlaksananya Rakorkab sensus penduduk 2020 ini.

Baca Juga  Nelayan Aceh Utara Meninggal Disambar Petir di Tengah Laut

Dikatakan, dengan adanya data hasil sensus penduduk 2020 tentu kita harapkan mampu menjadi instrumen untuk evaluasi pembangunan, baik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta tujuan pembangunan berkelanjutan dan perencanaan kedepan.

Sekda menambahkan, sejauh ini jumlah penduduk di Kabupaten Bireuen di tahun 2018 berjumlah 461.726 jiwa, sementara pada tahun 2019 kembali bertambah menjadi 471.635 jiwa.

“Sensus penduduk ini mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Satu data kependudukan juga sangat penting, baik perencanaan dan memperkuat kebijakan yang direncanakan secara terpadu,” sebutnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Bireuen, Ir H Zulkifli SP dan tutur dihadiri unsur Forkopimda, kepala dinas, badan dan kantor, para camat serta undangan lainnya.

Komentar

Berita Terbaru