oleh

Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

PENANEGERI, Simeulue – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dalam masa pademi Covid 19 Babinsa Koramil 01/Simeulue Timur, Sertu Yusuf melaksanakan pendampingan pada peternak ikan lele dengan sistem bioflok di Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue.

Sertu Yusuf mengatakan, sistem bioflok tidak diperlukan lahan kolam yang luas untuk budidaya lele. Cukup kolam buatan menggunakan bahan terpal dengan rangka bambu atau besi.
Namun, dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin aerator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam, tuturnya.

“Untuk bisa memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik pada kolam bioflok, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air, dan suhu ujar Sertu Yusuf.

“Suhu yang berubah-berubah, akan mengakibatkan ikan banyak yang mati sehingga perlu perlakuan khusus agar kondisi kolam tetap stabil sehingga bisa membuat lele berkembang dengan baik,” tambahnya.



Sementara itu ditempat terpisah Komandan Kodim 0115/Simeulue Letkol Inf Yogi Bahtiar S.Kom M.B.A menyampaikan kegiatan Babinsa tersebut merupakan suatu wujud kepedulian Kodim 0115/Simeulue dalam membantu masyarakat khususnya para petani yang ada di desa binaannya untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Selain membantu petani turun ke sawah para Babinsa juga ikut berperan aktif membina masyarakat terkait program ketahanan pangan ,” kata Dandim. (Pen/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *