oleh

Buka Kegiatan BID, Ini yang Disampaikan Cek Mat

-Aceh, Ekonomi-40 views

PENANEGERI Lhokseumawe – Sekitar 2000 Geucik Gampong, dan ketua tuha peut, dari 852 gampong, menghadiri pembukaan Bursa Inovasi Desa (BID) yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib di auditorium Politeknik Negeri Lhokseumawe, Sabtu (17/11).

Bupati Aceh Utara yang akrab di sapa Cek Mat mengatakan, perangkat desa teruslah melakukan inovasi-inovasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Langkah ini dianggapnya sangat perlu dilakukan karena menjadi langkah strategis dalam pembangunan gampong, baik bidang ekonomi, infrastuktur maupun pengembangan sumber daya masyarakat gampong.

“Saya sangat berharap agar kegiatan inovasi desa ini dapat diaplikasikan di gampong gampong di Aceh Utara,” ujar Cek Mat dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Aceh Utara.

Menurut Cek Mat, Bursa Inovasi Desa ini hendaknya dapat dijadikan untuk membuka wawasan dan pengetahuan menuju inovasi pembangunan. Lebih lebih di era pasca gas alam, atau pasca industri industri besar di Aceh Utara, daerah ini sangat membutuhkan inovasi yang muncul dari gampong sebagai pemicu pembangunan masyarakat.

Baca Juga  Bupati Aceh Utara Minta Kadin Jemput Investor

Cek Mat juga mengharapkan kepada setiap Geucik, agar terinspirasi inovasi pertanian sawah di Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam yang menanami padi jenis IF8.

“Hasil panen padi IF8 ini cukup memuaskan sehingga inovasi Gampong Meunasah Rayeuk diakui secara Nasional,” Imbuhnya.

Kegiatan kedepan, sambung Cek Mat, pihaknya akan menerbitkan Perbup agar semua gampong di Aceh Utara memulai tanam bibit padi jenis IF8.

“Gampong Wajib Tanam bibit padi IF8,” tegasnya.

Cek Mat juga menghimbau kepada geucik, bahwa jangan sampai geucik terjerat masalah hukum, terkait dana desa.

“Geucik harus mengelola dana desa dengan baik” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, tim ahli gampong memaparkan puluhan bentuk inovasi desa bidang ekonomi, infrastruktur dan SDM yang sangat mungkin dapat diterapkan gampong gampong di Aceh Utara.

Selain geucik, ketua tuha peut, tim pelaksana inovasi desa, pendamping Desa, tim ahli gampong dan seluruh stakeholder terkait lainnya, pembukaan kegiatan BID juga turut dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Aceh Utara, Sekda Abdul Aziz SH, MH,  Asisten II Ir Saifullah, para Kepala SKPK, para Camat, dan pejabat perbankan.

Komentar

Berita Terbaru