oleh

Bukan Hanya Jam Malam, Pemprov Diminta Tutup Pintu Masuk Aceh

-Aceh-263 views

PENANEGERI, Langsa – Tak cuma pemberlakuan jam malam yang dianggap sebagai terobosan jitu Pemprov Aceh dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, tapi pemerintah serambi mekah itu juga diminta untuk menutup pintu masuk ke Aceh yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara.

“Kami merasa Pemda Aceh tak perlu menunggu terlalu lama lagi dan segera siapkan semua perangkat dan personil yang ada untuk menjaga pintu gerbang Aceh,” demikian dikatakan Direktur LSM Gadjah Puteh, Sayed Zahirsyah Almahdaly kepada Penanegeri.com, Selasa (31/3).

Langkah ini, sambungnya, perlu segera dilakukan sebagai upaya kongkrit dalam meminimalisir penyebaran virus corona agar tidak semakin mudah masuk ke provinsi paling barat di Indonesia ini.

Menurutnya, meski jam malam mempunyai efek sebagai upaya pencegahan, tapi nantinya akan terlihat sia-sia manakala pemertintah Aceh hanya melakukan pencegahan dalam wilayah saja, tanpa mengurangi dan menghentikan orang yang bebas masuk ke Aceh.

“Tempatkan tenaga medis dengan seluruh kelengkapannya yang turut dibantu secara optimal oleh aparat keamanan dari TNI dan Polri,” pintanya.

Upaya itu dinilai akan semakin mudah diterapkan oleh karena Aceh sudah berlaku jam malam, hingga tidak boleh ada kendaraan ataupun warga yang keluar atau masuk ke Aceh.

“Mungkin, tehnisnya diatur, mana saja kendaraan yang boleh masuk dan keluar Aceh, misalnya kebutuhan bahan pokok dan obat-obatan,” timpal Sayed.

Selain nantinya dilakukan pemeriksaan yang ketat di pintu masuk tersebut, jam malam juga dapat dijadikan sebagai landasan hukum yang kuat untuk menghentikan segala bentuk mobilisasi kendaraan dan angkutan umum lainnya masuk ke Aceh. (Acin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *