oleh

Bupati Bireuen : Stunting Harus Menjadi Prioritas Pembangunan Nasional

PENANEGERI, Bireuen – Kesehatan warga masyarakat kini menjadi perhatian negara, terutam persoalan Stunting salah satu masalah kesehatan yang kini menjadi sorotan.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh. Ini bisa dialami oleh anak-anak yang mendapatkan gizi buruk, terkena infeksi berulang, dan stimulasi psikososialnya tidak memadai.

Hal itu dikatakan Asisten II Setdakab Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad M.Si  yang mewakili bupati  setempat pada acara sosialisasi pencegahan Stunting, di Gampong Krueng Simpo, Juli, Bireuen, Selasa (23/7).

“Saat ini pencegahan Stunting tidak hanya tugas besar kementerian kesehatan, tapi juga dan  tugas bersama. Pemerintah Kabupaten Bireuen berkomitmen kuat untuk ikut serta dalam kegiatan pencegahan Stunting,” katanya.

Dikatakannya, pemerintah mulai meluncurkan berbagai program kesehatan guna mencegah Stunting. Tahun 2019 ada 189 kabupaten/kota yang menjadi Locus Pencegahan Stunting melalui kegiatan Konvengensi Stunting. Kabupaten Bireuen sendiri masuk dalam program Locus pada Tahun 2020.

Dana Desa, tambah Ibrahim Ahmad yang dikucurkan begitu besar setiap desa selama ini, sejatinya  tidak hanya digunakan untuk pembangun sarana dan prasarana umum. Tapi peningkatan kualitas kesehatan warga gampong serta pendidikan anak usia dini menjadi juga harus diproritaskan .

Baca Juga  Polisi Tangkap Kelompok Kriminal Bersenjata di Aceh Timur, Satu Tewas Ditembak

“Kepada Camat dan Kepala Puskesmas serta pendamping desa, diminta dapat memaksimalkan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh pemerintah gampong, terutama kesehatan dan pendidikan anak usai dini,” harapnya.

Sebab dengan adanya pengawasan, maka pemerintah gampong akan selalu terenovasi, begitu juga dengan adanya pendidikan anak usia dini, anak-anak tetap terjaga pola kebersihannya, baik di rumah dan di lingkungan.

Sementara itu Keuchik Gampong Krueng Simpo, Safrizal SPd mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertemakan “Bayi Sehat Menentukan Masa Depan Bangsa” sebagai salah satu program pemerintah gampong  bersama warga Krueng Simpo guna mencegah Stunting.

“Pemerintah beserta lembaga gampong dan masyarakat Krueng Simpo mendukung penuh program pembinaan gampong sehat demi mewujutkan Indonesia Sehat 2020,” sebutnya.

Kegiatan sosialisasi ini kerjasama Dinas Kesehatan Bireuen dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen serta unsur PKK, Kader Posyando dan warga Gampong Krueng Simpo.

Komentar

Berita Terbaru