oleh

Camat Cot Girek Aceh Utara Lantik Tim Penghalau Gajah Liar

-Aceh-70 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Camat Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara Drs Maksum Isa melantik tim penghalau gajah di aula kecamatan setempat, Jumat (2/8).

Tim tersebut nantinya akan bertugas secara sukarela menghalau gajah-gajah liar yang selama ini kerap mengganggu kebun warga.

Pembentukan dan pelantikan ini difasilitasi oleh Wolrd Wildlife Fund (WWF) Indonesia bekerjasama dengan Shared Resources Joint Solution (SRJS) dalam program Fasilitasi Penyusunan Rencana Aksi dan Penandatanganan Dokumen Final SK Tim Penghalau Gajah Desa Cot Girek.

Communication Officer WWF Indonesia Program Aceh, Chik Rini mengatakan peserta tim itu telah dilatih sejak tahun 2017 lalu. Menurutnya, Cot Girek merupakan salah satu daerah mitigasi konflik gajah liar yang sudah berlangsung lama.

Tim tersebut diberikan Surat Keputusan Geuchik Desa Cot Girek bernomor 466/699/2001/2009 tentang pembentukan struktur pengurus tim gajah Cot Girek yang ditandatangani Camat, Kapolsek, Danramil dan Geuchik.

Dalam Surat Keputusan, para tim nantinyan akan bertugas untuk memonitoring pergerakan gajah liar secara intensif, melakukan kegiatan penghalauan, melakukan patroli pergerakan gajah di dusun masing-masing. Dalam melaksanakan tugasnya, tim melakukan secara gotongroyong dan sukarela.

Baca Juga  Menteri Sofyan A Djalil Minta Mahasiswa IAIN Langsa tidak Terpengarauh Berita Hoax

“Sudah beberapa kali kami ke Cot Girek untuk melatih warga dan mendorong mereka agar memahami bagaimana menggiring gajah yang benar. Dan hari ini tim yang terbentuk sudah dilantik. Semoga bisa bekerjasama dengan semua pihak,” ujar Chik Rini.

Selama ini warga menghalau gajah dengan sendirinya demi menyelamatkan tanaman pertanian mereka. Adapun tim yang terbentuk meliputi tim dari Dusun Alue Buloh, Dusun Leubok Tilam dan Dusun Abong-Abong.

Komentar

Berita Terbaru