oleh

Cara Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

-Kesehatan-200 views

PENANEGERI, Kesehatan – Saat ini ada banyak pekerjaan yang biasanya diselesaikan dengan komputer. Oleh karena itu, tentunya mata sebagai organ yang paling sering terpapar cahaya komputer menjadi salah satu organ yang biasanya paling kelelahan.

Karena itu, agar tidak terjadi gangguan pada mata maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan pada mata karena terlalu lama di depan komputer.

Studi menunjukkan bahwa kini gangguan penglihatan atau sekadar mata yang tegang dialami oleh sekitar 50 hingga 90 pekerja yang bekerja di depan komputer. Karena interaksi dengan layar komputer yang sangat lama maka mata yang terus terfotsir menjadi lelah, tegang, kaku dan pastinya butuh istirahat.

Cara Mengatasi

Mengedipkan mata secara intens

Tips pertama untuk mengatasi mata yang kelelahan adalah dengan sering mengedipkan mata saat berada di depan komputer. Hal ini dikarenakan salah satu faktor yang menyebabkan mata kelelahan adalah kurang berkedip.

Perlu diketahui bahwa berkedip yang terlihat sederhana itu ternyata sangat penting ketika Anda bekerja di depan komputer karena bisa melembapkan mata dan mencegah mata kering atau iritasi.

Menggunakan cahaya secukupnya

Tips berikutnya untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan menggunakan cahaya yang tidak berlebihan atau secukupnya saja. Hal ini dikarenakan penggunaan cahaya terang yang berlebihan misalnya sinar matahari ditambah lampu ruangan yang amat terang serta layar komputer yang amat terang akan membuat mata tegang.

Dalam hal ini, khusus untuk penggunaan komputer cahayanya harusnya lebih gelap dibandingkan dengan cahaya ruangan sekitar lima puluh persen. Sedangkan untuk cahaya ruangan tentunya juga tak boleh berlebihan tingkat keterangannya.

Untuk hal ini bisa dilakukan pengurangan cahaya dengan gorden atau mengurangi bola lampu. Dan pastikan juga akan lebih baik bagi mata jika posisi jendela berada di samping dan bukan di depan atau belakang.

Istirahat atau rehat lebih teratur

Untuk mengurangi terjadinya kelelahan atau gangguan pada mata maka saat berada di depan layar komputer atau laptop tetap harus istirahat atau jeda. Dalam hal ini jeda beberapa kali atau lebih sering akan baik efeknya bagi mata.

Dengan istirahat atau rehat yang sering dan teratur, minimal dua kali selama lima belas menit dari seharian memakai komputer akan membuat nyeri pada leher, bahu, dan punggung, serta mata menjadi lebih sehat.

Tentunya dengan rehat atau istirahat ini tidaklah membuat seseorang tidak produktif bekerja, namun justru akan membuat seseorang bekerja lebih baik karena kondisi tubuhnya juga baik. Saat istirahat, akan lebih baik jika sambil berdiri, bergerak, atau merenggangkan tubuh, kaki, tangan, leher, serta bahu untuk merilekskan tubuh.

Melatih mata

Selain mengistirahatkan mata, mata juga perlu beberapa latihan agar lebih sehat. Hal ini dikarenakan saat di depan komputer mata akan terus dipaksa fokus sehingga kelelahan.

Untuk melatih mata, minimal dalam dua puluh menit penggunaan komputer, mata menatap ke arah lain selama enam detik. Benda yang dilihat atau ditatap tersebut akan lebih baik jika jaraknya sekitar minimal enam meter.

Bentuk latihan lainnya yaitu dengan melihat objek yang jauh lalu melihat objek dekat masing-masing selama 10 hingga 15 detik yang terus diulang kurang lebih sepuluh kali. Dengan demikian mata akan rileks karena olah raga.

Demikian, beberapa cara mudah mengatasi mata lelah karena bekerja di depan komputer. Tentunya untuk menjaga kesehatan mata pemeriksaan mata secara rutin di dokter atau fasilitas kesehatan lainnya akan lebih baik. Dengan demikian, mata pun sehat selalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar