oleh

Cegah Stunting, Wakil Ketua PKK Aceh Ajak Masyarakat Banyak Makan Ikan

-Aceh-58 views

PENANEGERI, Langsa – Salah satu asupan gizi untuk mencegah stunting adalah dengan mengkonsumsi ikan dan secara sumber daya alam kondisi Aceh saat ini tidak kekurangan akan pasokan ikan, karena produksi tangkapan ikan di Aceh cukup tinggi.

“Saya menganjurkan masyarakat Aceh khsusus Langsa untuk lebih giat mengkonsumsi ikan melalui kampanye makan ikan,” sebut Wakil Ketua Tim Penggerak PPK Aceh, DR Dyah Erti Idawati, ST, MT, saat¬†Launching Rumoh Gizi Gampong (RGG) sekaligus deklarasi Gerakan Penanganan dan Pencegahan Stunting (Geunting), Selasa (15/10) di Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur.

Dijelaskannya, dampak stunting bukan hanya akan berimbas pada kondisi tubuh anak menjadi lebih pendek dari anak pada normalnya, namun menurunkan daya pikir atau tingkat intelektualitas anak sehingga anak menjadi tidak pintar.

Selain itu, hal yang turut mendorong peningkatan stunting adalah rendahnya pemahaman masyarakat tentang makanan bergizi. Saat ini, masyarakat hanya berpaku bahwa makan itu hanya untuk enak dan mengenyangkan saja dan cenderung abai terhadap kandungan gizi pada makanan yang kerap dikonsumsi tersebut.

Baca Juga  Menteri Kabinet Indonesia Maju Dilantik, Ruslan M Daud Harap Perhatian Khusus untuk Aceh

Oleh sebab itu, pola pikir yang demikian harus diubah, dengan lebih memahami tentang jenis-jenis kandungan gizi pada makanan yang baik untuk tubuh, sehingga asupan gizi tiap harinya tercukupi dan persoalan stunting ikut terkurangi.

Dyah berharap, dengan hadirnya RGG dapat membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak sehingga cita-cita pemerintah Aceh melahirkan generasi yang unggul demi tercapainya Aceh hebat dan Aceh bermartabat.

Sementara itu, Setdakot Langsa, Syahrul Thaib, SH,M.Ap mengatakan, sebagai provinsi yang didominasi oleh muslim, menjadi sebuah keharusan bagi umat Islam untuk memperhatikan orang yang lemah, dapat diartikan, bahwa dalam lslam sendiri sudah menganjurkan umatnya untuk saling bahu membahu untuk penguatan baik itu kesehatan dan keagamaan.

“Dalam Islam juga menganjurkan umatnya agar jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah baik dari segi akidah, ilmu, dan fisik, maka kita sebagai muslim sudah mengajarkan bagaimana menjaga anak agar bisa menjadi generasi unggul dan berguna bagi bangsa ini,” tuturnya.

Maka itu, lanjut Syahrul, menganjurkan kepada masyarakat Langsa untuk harus lebih mewaspadai stunting agar generasi penerus estafet bangsa dapat terselamatkan.

Baca Juga  Alumni Dayah Mudi Mesra Samalanga Laporkan Akun Facebook Abusyiek Ureueng Gasien

“Sehingga Aceh akan melahirkan cendikiawan muslim yang unggul,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ikan adalah salah satu panganan yang kaya akan gizi, dalam ikan banyak mengandung gizi yang lengkap, seperti Omega 3, vitamin dan mineral, zat besi, zink, magnesium, dan Kalsium.

Komentar

Berita Terbaru