oleh

Ciri Ciri Maag Kronis yang Perlu di Waspadai

-Kesehatan-247 views

PENANEGERI, Kesehatan – Gastritis atau maag dapat dikatakan bukan penyakit, melainkan sebuah gejala atau kondisi medis yang muncul akibat dari peradangan pada lambung karena terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.

Kemudian akan menimbulkan tukak ataupun luka pada lambung. Bila hal tersebut sudah terjadi akan timbullah berbagai gejala atau kondisi medis yang disebut kebanyaakan orang dengan istilah penyakit maag.

Apa saja ciri ciri maag kronis itu ?

Cukup banyak yang beranggapan sepele mengenai penyakit maag, karena biasanya maag bisa ditangani sendiri tanpa perlu menemui dokter. Yakni dengan konsumsi obat warung biasanya gejala penyakit maag sudah hilang.

Mungkin inilah yang jadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang tidak menggap serius penyakit maag. Padahal penyakit maag yang tak memperoleh penanganan yang serius dapat berkembang jadi penyakit maag kronis yang dapat menimbulkan berbagai masalah komplikasi berbahaya.

Ciri Ciri Maag Kronis dan Akut

Pertanyaannya apakah maag kronis dapat muncul begitu saja atau bertahap ? Pada dasarnya kondisi ini bisa terjadi juga terkadang memang tidak terduga.

Terdapat berbagai macam ciri yang menyertai sebelum terjadinya maag kronis. Berikut ini adalah beberapa ciri maag kronis yang harus diketahui.

Sakit perut atas

Keadaan sakit perut atas paling sering terjadi pada penderita maag. Rasa sakit dapat terjadi seperti perih, melilit dan sangat tidak nyaman. Ini akibat adanya pembengkakan pada bagian selaput perut.

Kadang rasa sakit dapat menjadi lebih parah karena perut tidak mau menerima makanan sama sekali. Tubuh bisa jadi sangat lemah dan kekurangan kebutuhan nutrisi manusia.

Mual dan muntah

Merasa mual dan akhirnya muntah paling sering menjadi akibat penyakit maag. Ini sering disebabkan karena perut lebih cepat kenyang saat baru sedikit makan sedangkan itu hanya kondisi efek maag.

Selain itu juga karena asam berlebihan pada lambung dan naik ke perut atas. Akan membuat penderita tidak dapat menerima makanan secara baik dan sering. Sehingga harus memperoleh perawatan di rumah sakit.

Tubuh sangat lemah

Sang penderita gastritis kronis akan mengalami kondisi tubuh yang sangat lemah. Dimana tubuh sama sekali tidak dapat beraktifitas karena sakit perut hebat.

Tubuh jadi lebih lemah bila tidak mendapat makanan yang baik. Karena kondisi yang semacam ini membuat penderita butuh perawatan intensif seperti rawat inap.

Muntah darah

Kondisi muntah darah dapat terjadi pada penderita maag kronis yang sangat buruk. Penderita sudah tidak bisa menerima makanan dan selalu merasa sakit perut, mual serta muntah berlebihan.

Lambung butuhkan makanan untuk diserap sedangkanluka sudah muncul. Seehingga penderita mual dan muntah darah. Selain itu, ciri ciri maag kronis ini bisa jadi gejala berbahaya seperti kanker lambung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *