oleh

Creative Minority Unimal Gelar Seminar Hari Buruh

-Aceh-27 views

PENANEGERI, Aceh Utara – UKM KSM Creative Minority Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar diskusi dalam rangka menyambut Hari Buruh Nasional dengan mengusung tema ‘Eksistensi Pekerja Dalam Memajukan Perekonomian Daerah’ di aula SMK 3 Lhokseumawe, Rabu (24/4).

Ketua Creative Minority Unimal, Ahmad Mubarok dalam sambutannya menjelaskan, bahwa acara seminar dalam rangka memperingati Hari Buruh Nasional yang diadakan UKM KSM Creative monority bertujuan mengembangkan sumber daya yang cukup di era global.

“Disini kami menghadirkan sosok pemateri dari berbagai kalangan diantaranya, pemerintah, Akademisi, pengusaha dan pembina Buruh Aceh yang tujuan akhirnya dapat mengembangkan pola pikir para peserra seminar dan masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak buruh,” sebutnya.

Semenatara itu, Kamaruddin selaku pembina KSM UKM Creative Minority turut menyampaikan sambutan. Ia mengatakan, ada beberapa topik yang sangat perlu diketahui mengenai peringatan Hari Buruh yang selalu diperingati pada tanggal 1 Mei. Diantaranya, kurangnya sinergitas dengan adanya kemampuan namun tidak ada peluang misalnya kurangnya lahan pekerjaan yang ada untuk menampung tenaga kerja, Kurangnya kemandirian pekerja, hanya menghandalkan lapangan pekerjaan yang ada.

Baca Juga  TKI Aceh Diduga Disiksa Majikan di Malaysia, Ini Harapan DPD RI Untuk Kedubes

“Sejarah hari lahir buruh dapat diperingati dengan ceremonial namun tetap harus ingat eksistensi gerakan buruh ini. Tujuan adanya peringatan tersebut untuk mencapai kesejahteraan. Kaum buruh hanya bekerja untuk menghidupi kehidupannya sehari-hari. Pentingnya keterlibatan pemerintah, masyarakat, serikat-serikat pekerja harus bersinergi dalam membangun perekonomian baik dibidang industri maupun lainya,” jelasnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Wahyudi itu, menghadirkan pembicara dikalangan akademisi, praktisi dan Buruh, diantaranya Muhammad Muaz Munawwar selaku Akademi, Rusdi Ma’ruf yang merupakan Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Lhokseumawe, Iskandar Usman Penasehat Serikat Buruh Aceh, dan Mahyiddin ST yang merupakan pengusaha Aceh.

Komentar

Berita Terbaru