oleh

Dana Desa dan ADG di Bireuen Diprediksi Cair Pekan Ini

-Aceh-1.235 views

PENANEGERI, Bireuen – Untuk tahun 2020, bantuan Dana Desa (DD) dan bantuan Alokasi Dana Gampong (ADG) untuk Kabupaten Bireuen diprediksi cair pekan kedua bulan ini.

Syarat utama pengajuan pencarian bantuan tersebut, maka setiap desa harus segara menyusun Rencana Pembangunan Belanja Gampong (RAPBG).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Miswar SSTP MSi kepada Penanegeri.com, Senin (3/2) menjelaskan, sesuai dengan peraturan bupati serta terkait mekanismenya juga petunjuk lainnya sudah selesai dikonsultasikan dengan bagian hukum Sekda Aceh.

“Penyaluran bantuan DD dan ADG setiap desa hanya tinggal pengesahan sebagai lembaran peraturan daerah,” katanya.

Menurut Bob Miswar, ada lima peraturan yang telah disiapkan terkait penyaluran bantuan DD dan ADG, disamping besarnya bantuan berdasarkan rumusnya, program prioritas penggunaan bantuan hingga menyangkut pertangungjawaban bantuannya.

Kelima peraturan tersebut, sambung Bob Mizwar hampir selesai ditetapkan dan didistribusikan ke masing-masing kecamatan agar diteruskan ke setiap desa masing-masing kecamatan.

“Untuk itu kita minta setiap desa sudah dapat mengajukan usulan penarikan atau pencarian DD dan ADG pertahap paling lambat pekan kedua Februari,” pinta Bob Mizwar.

Sementara bagi desa yang sudah rampung RAPBG, maka sudah dapat menerima bantuan tersebut melalui rekening desanya masing-masing.

Dijelaskannya, besarnya bantuan DD dan ADG tahun 2020 untuk 609 desa sebesar Rp 462.104.548.000, lalu ADG sebesar Rp 85.841.085.2011 ditambah bantuan penghasilan tetap untuk perangkat desa Rp sebesar 64.000.000.000 dengan total Rp 611.945.633.200.

Kalau dinilai dari tahun 2019 lalu, maka ada penambahan untuk tahun 2020 sebesar Rp 74.298.728.841.

Menyangkut besar kecilnya bantuan DD tetap berpedoman pada rumusnya tersendiri, baik jumlah penduduk serta jumlah penduduk miskin, juga luas wilayah disamping beberapa kriteria lainnya.

“Data sementara di Kabupaten Bireuen sendiri ada beberapa desa yang akan menerima dana DD sebesae Rp 1 miliar lebih, dan paling rendah Rp 690 juta/desa, di setiap kecamatan,” sebutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *