oleh

Danrem 031/WB Harapkan Mahasiswa Bisa Ikut Serta Padamkan Api Karhutla

PENANEGERI, Pekanbaru – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Propinsi Riau pada Selasa (25/09/19) sore memberikan paparan kepada Akademisi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau atau disebut juga UIN Suska, yang dihadiri oleh Rektor, Dekan dan Senat Mahasiswa di ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau.

Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar, M.Si selaku Dansatgas Karhutla memberikan penjelasan tentang komposisi personil dan alat Satgas Karhutla Propinsi Riau serta langkah – langkah yang telah dilaksanakan mulai dari sosialisasi dan penanganannya.

Sementara itu, Kapolda Riau selaku Dansubsatgas Gakkum menyampaikan bahwa 1 koorporasi dan 59 orang telah ditetapkan sebagai tersangka terhadap Kasus Karhutla di Propinsi Riau.

“Permasalahan kasus ini akan kita selesaikan secepatnya,” ujar Kapolda Riau.

Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Fadjar MPICT menyampaikan bahwasanya untuk penanggulangan karhutla telah dilaksanakan dengan baik.

“Mulai dari bulan Januari 2019 tindakan Pencegahan dan sosialisasi karhutla telah dilaksanakan oleh Sub Satgas Darat. Saat ini telah tergelar 120 Pos Karhutla di seluruh Kabupaten/Kota dalam upaya Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla,” ujar Danrem 031/WB Brigjen TNI M.Fadjar MPICT.

Kepada adik-adik mahasiswa Danrem 031/WB mengajak Mahasiswa untuk ikut andil bersama Satgas Karhutla Propinsi Riau dalam melakukan pencegahan dan Penanggulangan Karhutla.

Edukasi merupakan salah satu langkah yang tepat bagi Mahasiswa untuk ikut mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada Masyarakat.

“Selipkan materi edukasi yang diberikan kepada masyarakat tentang Bahaya Karhutla dan cara yang tepat membuka lahan,” pesan Danrem.

Selain itu Danrem 031/WB juga mengajak Mahasiswa untuk terjun langsung ikut melakukan pemadaman dan pendinginan terhadap lahan yang terbakar dengan tujuan agar mahasiswa mengerti bahwa melakukan pemadaman di daerah lahan Gambut sangat susah, serta menghadapi langsung kondisi di lapangan dalam memadamkan Karhutla.

Rektor UIN Prof.Dr.H.Akhmad Mujahidin S.Ag.,M.Ag menyampaikan bahwa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  (UIN Suska) dengan Mahasiswanya akan ikut andil dalam Penanggulangan Karhutla.

Hal ini sebagai wujud kepedulian Mahasiswa UIN terhadap Karhutla.

“Kami siap membantu Satgas Karhutla Provinsi Riau dalam upaya memadamkan Karhutla,” ujar Rektor UIN.

Senat Mahasiswa UIN sebagai Perwakilan Mahasiswa menyampaikan siap untuk turun kelapangan bersama Satgas Karhutla Propinsi Riau dengan edukasi dan terjun langsung sebanyak 100 orang Mahasiswa memadamkan Karhutla yang terjadi di beberapa wilayah di Propinsi Riau.

“Hal ini merupakan salah satu kepedulian Kami membantu Pemerintah Propinsi Riau dan masyarakat,” ujarnya.
(liputan : mirza)

Komentar

Berita Terbaru