oleh

Dapur Umum LAZIS Wahdah Layani Warga Korban Banjir Konawe Utara

PENANEGERI, Konawe Utara– LAZIS Wahdah membuka layanan dapur umum bagi warga korban banjir di Desa Puuhiyalu, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, Senin (17/6/2019).

Dapur ini menyediakan dua ratus paket porsi makanan setiap harinya. Layanan dapur umum sebagai solusi bagi warga yang kini mengungsi di tempat-tempat yang aman. Akibat meluapnya sungai Lalindu, sungai Walasolo, dan sungai Wadanmai, sebanyak 2.207 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 8.489 jiwa mengungsi.

Tenri, salah seorang petugas dapur umum mengatakan, pihaknya menyediakan ratusan paket makanan dengan berbagai menu setiap harinya. Dengan dibantu warga dan beberapa relawan, dapur umum ini bisa memproduksi dua ratus makanan yang didistribusikan di dua waktu.

“Kita biasanya memasok bahan-bahan dari luar. Banyak relawan yang membawa logistik. Setiap hari kita pantau dan mengatur sedemikian rupa agar para pengungsi bisa menikmati makanan ini,” kata Tenri.

Kekurangan bahan makanan terjadi pada masyarakat disebabkan rusaknya sawah dan pekebunan merica yang terletak di Desa Wonua monapa, Desa Laloika, Desa Belatu, Desa sulemandara dan Desa lalonggotomi Kecamatan Pondidaha dan Pekebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Amonggedo.

Sehingga kerusakan ini berdampak pada kekurangan bahan pokok pada masyarakat dengan kerugian ekonomi, sehingga kekurangan dana untuk membeli makanan pokok.

(Laporan: Muhammad Akbar)

Komentar

Berita Terbaru