oleh

Darussalam Peusangan Selatan Bireuen Dikepung Banjir

PENANEGERI, Bireuen – Akibat hujan deras, kawasan Krueng Pineung, Gampong Darussalam, Kecamatan Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen dikepung banjir bandang, Jumat (16/11) malam.

Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, sementara beberapa Kepala Keluarga (KK) telah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Bireuen, Muhammad Nasir SP, M.SM kepada Penanegeri.com, Sabtu (17/11)  menjelaskan, informasi dari Geuchik Muzakir Gampong Darussalam, banjir itu terjadi akibat hujan deras sehingga sungai Krueng Pineung, Peusangan Selatan meluap.

“Ada beberapa unit rumah warga rusak dan tergenang air setinggi 1,5 meter dan hingga tadi pagi belum surut,” katanya.

Pasca kejadian itu, tambah Muhammad Nasir, pihaknya  langsung menurunkan Satuan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Posdalops-PB ke lokasi kejadian, guna membantu dan mendata kerusakan.

“Ada beberapa rumah warga yang rusak, termasuk jembatan gantung. Di Dusun Cot Batee, ada 17 unit rumah warga terendam air setinggi 1 meter, dan satu unit rumah berkonstruksi kayu milik Nasir rusak berat,” terangnya

Baca Juga  Hujan Deras, Kawasan Mon Ara Peudada Bireuen Dikepung Banjir

Lalu di Dusun Pulo Teungoh,  satu unit rumah konstruksi kayu milik M. Nur Yakop rusak total, 3 unit rumah lainnya tergenang air setinggi 70 centimeter.

Berikutnya di Dusun Asan Kumbang, satu unit rumah konstruksi kayu milik M. Isa Roboh di terjang banjir.

“Di Gampong Tanjong sendiri satu unit jembatan gantung dengan ukuran 94 x 2 meter juga terputus dan terbawa arus,” sebutnya.

Sejauh ini, sambung Muhammad Nasir, warga yang terisolir telah diungsikan ke tempat aman di rumah warga terdekat.

“Kita terus melakukan pendataan, sedangkan tim BPBD, tetap memantau dan membantu warga yang terisolir di lokasi banjir,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru